Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tokopedia Dukung Produk Lokal dan Peran Milenial di Industri Digital

Tokopedia menyediakan tiga program untuk memberi peluang pada milenial untuk turut membangun bisnis melalui platform digital.
Ahmad Thovan Sugandi
Ahmad Thovan Sugandi - Bisnis.com 07 April 2022  |  07:29 WIB
Tokopedia Dukung Produk Lokal dan Peran Milenial di Industri Digital
Pelaku UMKM memanfaatkan marketplace Tokopedia untuk menjual produknya. Digitalisasi UMKM menjadi faktor penting untuk bangkit dari keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19 - Bisnis/Dinda Wulandari
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Startup e-commerce Tokopedia mengeklaim terus mendorong pertumbuhan usaha lokal termasuk di kalangan milenial.

Co-Founder dan Vice Chairman Tokopedia Leotinus Alpah Edison menyebut sejak pandemi, terjadi tren transformasi digital yang begitu besar.

"Awal 2020, tidak disangka ketika dipaksa keadaan ternyata para mitra bisa memakai teknologi, ada keterbatasan tetapi relatif cukup siap," ujarnya dalam webina Pekan Milenial Naik Kelas, Rabu (6/4/2022).

Sementara itu, menurut Leotinus, terjadi ketimpangan kondisi antara UMKM di Jakarta dan UMKM di luar kota-kota besar. Adapun peran Tokopedia diklaim mampu memperkecil ketimpangan tersebut melalui jejaring mitra dan layanan digital. 

Selain itu, keberadaan produk lokal juga menjadi fokus dari Tokopedia. Menurut Leontinus, mengutip riset LPEM Universitas Indonesia, 94 persen merchant Tokopedia masuk kategori ultra mikro dan 38,6 persen mitra kreator lokal yang memproduksi dengan 77 persen bahan baku lokal.

Para mitra tersbebut diklaim berasal dari berbagai kalangan termasuk milenial. Adapun menurut Leontinus, perusahaan menyediakan tiga program untuk memberi peluang pada milenial untuk turut membangun bisnis melalui platform digital.

"Program dan gerakan yang kami sediakan adalah digitalisasi usaha lokal, program kartu prakerja, dan Tokopedia Academy," ujarnya.

Di sisi lain, dia menambahkan untuk memperkuat ekonomi digital, diperlukan Inklusi dan literasi digital yang cukup baik. "Kami sediakan kelas dan pelatihan untuk para milenial yang ingin berbisnis," ujarnya.

Dihubungi secara terpisah, Head of External Communications Tokopedia Ekhel Chandra Wijaya menyebut perusahaannya memang tidak bisa membagikan angka spesifik terkait jumlah pengguna maupun mitra yang masuk kategori milenial.

"Pengguna kami berasal dari berbagai latar belakang, tidak terkecuali anak muda," ujarnya, Rabu (6/4/2022).

Menurut Ekhel, berdasarkan riset LPEM FEB UI pada 2020, Tokopedia diandalkan selama pandemi oleh konsumen baru dari berbagai kalangan, termasuk ibu rumah tangga, pelajar, mitra aplikasi online, wirausaha tanpa karyawan dan pekerja lepas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tokopedia generasi milenial Milenial Naik Kelas
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top