Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sambut Ramadhan, Evermos Gecarkan Edukasi ke Mitra Pedagang

Evermos melakukan edukasi ke mitra pedagang jelang Ramadan.
Ahmad Thovan Sugandi
Ahmad Thovan Sugandi - Bisnis.com 30 Maret 2022  |  08:34 WIB
Sambut Ramadhan, Evermos Gecarkan Edukasi ke Mitra Pedagang
Pandemi Covid/19 berhasil mempercepat transformasi bisnis serta aktivitas jual beli dari tradisional menjadi daring atau online lewat prinsip digitalisasi. - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan rintisan Evermos melakukan pelatihan ke sejumlah pedagang guna menyambut kenaikan transaksi yang diprediksi terjadi saat Ramadan.

Sr. Brand & Communication Manager Evermos Thisya Meutia Sari menyebut, setiap Ramadan, penjualan produk berpotensi mengalami peningkatan, hal ini sejalan dengan adaptasi pola konsumsi masyarakat ketika bulan puasa tiba.

"Menghadapi fenomena ini, kami mendukung para reseller di bulan Ramadan untuk menjual berbagai produk yang permintaannya mengalami peningkatan di bulan Ramadan," ujarnya, Selasa (29/3/2022).

Thisya mengatakan, salah satu bentuk dukungan yang dilakukan adalah menyelenggarakan acara Silaturahmi Akbar Reseller di Bekasi dengan tema "Tabligh Ramadan - Mudah Buka Usaha, Berkah Rejeki di Bulan Suci". Pada event tersebut, Evermos memberikan pelatihan khusus untuk memperkuat kemampuan para Reseller dalam berjualan.

Dia menjelaskan, produk-produk yang permintaannya secara umum mengalami peningkatan saat Ramadan adalah buah kurma, kue dan bingkisan lebaran, baju muslim dan baju koko, serta berbagai perlengkapan ibadah.

Pada umumnya, dia menambahkan, Evermos berusaha mendukung seluruh mitra dengan mengedepankan prinsip ekonomi inklusif. Kami merangkul seluruh elemen masyarakat khususnya komunitas grassroot yang ingin menambah pemasukan dan mencapai kemandirian finansial," ujarnya.

Tisya mengatakan, salah satu kendala yang masih perusahaan hadapi adalah kebijakan pemerintah terkait pembatasan sosial yang masih berlaku di tengah Pandemi Covid-19 terutama terkait pembatasan mudik. Jika pembatasan mudik diperketat dan jumlah pemudik makin sedikit, maka makin sedikit pula masyarakat yang akan membeli berbagai produk oleh-oleh atau bingkisan untuk diberikan secara langsung ketika berkumpul kembali di kampung halaman.

Namun menurutnya, kondisi tersebut diklaim membuat Evermos justru makin bersemangat untuk memberikan produk dan layanan yang lebih baik guna memfasilitasi perubahan pola konsumsi masyarakat selama pandemi.

Evermos merupakan sebuah platform social commerce yang memudahkan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk menjual produknya melalui jaringan reseller. Saat ini Evermos telah memberdayakan lebih dari 500.000 reseller di seluruh Indonesia dan bekerja sama dengan lebih dari 700 brand partners.

Sementara itu, momen Ramadan memang terbukti meningkatkan permintaan masyarakat untuk produk tertentu. Menurut survei Populix berjudul “Embracing Ramadan 2022” yang dilakukan pada 1-9 Maret 2022 terhadap 1.492 responden berusia 18-55 tahun di Indonesia menampilkan beberapa data terkait tren konsumsi Ramadan 2022.

Sebanyak 70 persen responden muslim mengatakan mereka memilih untuk membersihkan rumah, sementara 66 persen responden mengatakan mereka akan mempersiapkan stok makanan dan 47 persen memilih untuk mempersiapkan stok minuman.

Terdapat juga 43 persen responden yang membeli pakaian baru dan 30 persen responden yang membeli perlengkapan sholat untuk menyambut bulan Ramadan. Mayoritas responden juga telah menyediakan anggaran hingga 25-50 persen lebih besar dibandingkan bulan biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

e-commerce Ramadan
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top