Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

11 Bencana Alam Paling Mematikan dalam Sejarah Bumi, Salah Satunya di Indonesia

Menurut catatan tersebut, bencana alam berikut adalah yang paling mematikan sepanjang masa, peringkat dari perkiraan korban tewas terendah hingga tertinggi
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 04 Maret 2022  |  16:45 WIB
11 Bencana Alam Paling Mematikan dalam Sejarah Bumi, Salah Satunya di Indonesia
Tsunami Aceh

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap tahun, beberapa bencana alam paling mematikan - gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, tsunami, banjir, kebakaran hutan dan kekeringan, rata-rata membunuh hampir 60.000 orang, menurut Global Change Data Lab.

Bencana alam telah menjadi fakta kehidupan manusia sejak awal umat manusia, tetapi jumlah kematian yang paling kuno dari bencana ini hilang dari sejarah. Pulau kuno Mediterania Thera (sekarang Santorini, Yunani), misalnya, mengalami letusan gunung berapi dahsyat yang memusnahkan seluruh peradaban Minoa sekitar tahun 1600 SM, menurut sebuah studi tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academies of Sciences. Tapi tepatnya berapa banyak nyawa yang hilang? Kita tidak akan pernah tahu.

Namun, berkat catatan dan jurnal sejarah, sejarawan setidaknya bisa memperkirakan jumlah korban jiwa terkait dengan bencana yang terjadi di era bersama.

Menurut catatan tersebut, bencana alam berikut adalah yang paling mematikan sepanjang masa, peringkat dari perkiraan korban tewas terendah hingga tertinggi dilansir dari Livescience:

Halaman:
  1. 1
  2. 2
  3. 3

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bencana asuransi bencana mitigasi bencana bencana alam bencana hidrometeorologi bencana asap
Editor : Mia Chitra Dinisari

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    Terpopuler

    back to top To top