Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Platform CMS Terbaik dan Terpopuler Untuk Website

Ada beberapa platfom CMS open source gratis yang awalnya dirancang untuk blogging. Selamat mencoba!
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 10 Februari 2022  |  22:23 WIB
Platform CMS Terbaik dan Terpopuler
Platform CMS Terbaik dan Terpopuler

Bisnis.com, JAKARTA -Platform CMS atau content management system bertujuan untuk mempermudah pembuatan situs website. CMS akan memudahkan Anda membuat dan mengedit konten.

Mengutip dari Wpbeginner, Kamis (10/2/2022), ada 6 CMS yang terbaik yang bisa membantu Anda untuk membuat website:

  1. WordPress.org

WordPress.org adalah pilihan nomor satu untuk platform CMS terbaik. Platform ini adalah perangkat lunak CMS paling populer di dunia dan mendukung sekitar 43 persen dari semua situs web di internet.

Penting untuk tidak membingungkan WordPress.org dengan WordPress.com. WordPress.org adalah CMS open source gratis yang awalnya dirancang untuk blogging, tetapi sekarang digunakan oleh semua jenis situs web atau toko online. Sementara itu, WordPress.com adalah platform hosting blog.

Kelebihan WordPress.org

1. WordPress menawarkan Anda fleksibilitas dan kebebasan untuk membangun segala jenis situs web (toko online, situs lelang, situs keanggotaan, dan sebagainya).

2. WordPress.org tidak memerlukan keterampilan teknis atau pengetahuan pengodean. Editor block WordPress membuatnya sangat mudah untuk merancang halaman yang tampak hebat di situs Anda.

3. Anda memiliki kebebasan penuh untuk menghasilkan uang secara online dari situs web Anda dengan cara apapun yang diinginkan.

4. Ada ribuan tema dan plugin WordPress yang tersedia, baik yang berbayar maupun gratis. Hal ini memungkinkan Anda menambahkan segala macam tambahan yang berguna ke situs Anda, seperti formulir kontak, galeri foto, dan banyak lagi.

5. WordPress dirancang dengan sangat baik untuk optimasi mesin pencari (SEO). Sangat mudah untuk membuat URL, kategori, dan tag yang ramah SEO buat posting-an Anda. Selain itu, juga dapat memilih dari banyak plugin SEO untuk membantu Anda berbuat lebih banyak.

6. Ada berbagai komunitas besar dan suportif di sekitar WordPress, karena ini adalah CMS open source.

7. WordPress menawarkan banyak ekstensibilitas sehingga menjadikannya platform CMS yang ideal untuk pemula dan pengembang.

8. WordPress memungkinkan Anda mengunduh semua konten Anda dalam format XML sehingga membuatnya mudah untuk dipindahkan ke sistem lain di masa mendatang jika Anda memilih untuk melakukannya.

Kekurangan WordPress.org

1. Anda harus menyiapkan hosting dan nama domain, serta Anda akan bertanggung jawab untuk mengelola hal-hal seperti keamanan dan pencadangan.

2. Karena WordPress menawarkan begitu banyak pilihan dan fleksibilitas, terkadang terasa sedikit menakutkan saat Anda memulai. Ini sebabnya mengapa banyak pemula menggunakan plugin pembuat halaman drag dan drop untuk WordPress.

Harga WordPress.org

WordPress sendiri tidak memerlukan biaya apapun. Namun, Anda memerlukan nama domain (sekitar $9 – $15 per tahun) dan akun hosting dengan host web yang dapat menjalankan WordPress (sekitar US$7,99 per bulan).

kelebihan dan kekurangan cms wordpress

  1. HubSpot CMS Hub

HubSpot CMS Hub adalah sistem manajemen konten terintegrasi yang dirancang khusus untuk pemasar dan pemilik bisnis. Karena dibangun di atas platform CRM HubSpot yang mencakup semua jenis otomatisasi pemasaran, penjualan, layanan, dan alat operasi, CMS Hub menjadi solusi ideal untuk bisnis yang sedang berkembang dan perusahaan besar yang mencari sistem all-in-one untuk mengelola situs web mereka.

Kelebihan HubSpot CMS Hub

1. Pembuat situs web HubSpot mudah digunakan bahkan jika Anda tidak memiliki keterampilan teknis sama sekali. Editor drag dan drop, alat SEO bawaan, dan atribusi kontak, semuanya memudahkan untuk membuat dan mengoptimalkan konten web Anda.

2. HubSpot CMS Hub memiliki fitur konten cerdas untuk mempersonalisasi halaman situs web Anda buat pengunjung tertentu atau segmen yang lebih besar.

3. Untuk pengembang, ada fungsi tanpa server, opsi tema fleksibel, dan alat baris perintah (command line tools), sehingga Anda dapat membuat perubahan dan menyesuaikan aset lebih cepat.

4. HubSpot CMS Hub dilengkapi dengan fitur keamanan bawaan, termasuk CDN global dan Firewall Aplikasi Web bersama dengan tim keamanan khusus untuk menjaga situs Anda aman dari serangan DDoS, peretas, dan anomali lainnya.

5. HubSpot CMS Hub terintegrasi secara mulus dengan alat pemasaran email dan CRM penjualan mereka, sehingga Anda dapat mempersingkat alur kerja operasional Anda.

Kekurangan HubSpot CMS Hub

1. Tidak ada versi gratis, tetapi mereka menawarkan uji coba gratis.

2. HubSpot CMS Hub tidak begitu cocok untuk situs web e-commerce. Namun, kabar baiknya adalah mudah diintegrasikan dengan WordPress dan WooCommerce.

Harga HubSpot CMS Hub

CMS Hub hadir dalam tiga tingkatan, yaitu pemula, profesional, dan perusahaan.  Paket Pemula adalah $25/bulan dan memiliki semua fitur yang Anda perlukan untuk membuat situs web yang berfungsi penuh. Tingkat yang lebih tinggi, cocok untuk membangun aplikasi web yang lebih kompleks dengan personalisasi dinamis dan proses internal.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

situs website
Editor : Novita Sari Simamora

Terpopuler

Banner E-paper
To top