Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kenali Platfon CMS Untuk Kebutuhan Websitemu

Platform CMS bertujuan untuk mempermudah pembuatan situs website. CMS akan memudahkan Anda membuat dan mengedit konten.
Nabila Dina Ayufajari
Nabila Dina Ayufajari - Bisnis.com 10 Februari 2022  |  21:51 WIB
Mengenal CMS (content management system)
Mengenal CMS (content management system)

Bisnis.com, JAKARTA - Platform CMS (content management system) memungkinkan Anda membuat situs web dengan mudah tanpa memahami kode apapun.

Ada banyak pilihan CMS yang tersedia sehingga Anda mungkin kesulitan memilih CMS terbaik untuk kebutuhan Anda. Lalu, bagaimana cara memilih platform CMS terbaik untuk situs web Anda? Dilansir dari Wpbeginner, Kamis (10/2/2022).

1. Kemudahan penggunaan

Tentu Anda menginginkan CMS yang memudahkan Anda membuat dan mengedit konten. Artinya, CMS memiliki interface drag dan drop, sehingga Anda dapat menambahkan elemen yang berbeda pada halaman Anda.

Seharusnya cepat dan mudah bagi Anda untuk membuat perubahan pada konten di situs Anda setelah menerbitkannya.

2. Pilihan desain

Perangkat lunak CMS Anda harus menawarkan banyak template desain situs web untuk dipilih. Selain itu, juga harus memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyesuaikan desain tersebut dengan kebutuhan Anda sendiri (idealnya tanpa menulis kode).

3. Portabilitas data

Platform CMS yang hebat harus memiliki alat agar Anda dapat mengekspor data dengan mudah dan memindahkannya ke tempat lain. Misalnya, nanti Anda dapat memutuskan untuk memilih platform yang berbeda atau perusahaan hosting yang berbeda. Portabilitas data memudahkan Anda bergerak dengan kebebasan penuh.

4. Ekstensi dan tambahan (add-on)

Tidak semua situs web sama. Ini sebabnya mengapa platform CMS tidak mungkin datang dengan semua fitur yang akan memenuhi persyaratan untuk setiap situs web. Melalui ekstensi dan tambahan dapat memperbaiki masalah itu. Ini adalah perangkat lunak terpisah yang dapat Anda unduh pada perangkat lunak CMS untuk memperluas fitur-fiturnya dan menambahkan yang baru bila diperlukan.5. 

5. Opsi bantuan dan dukungan

Meskipun platform CMS bertujuan untuk mempermudah pembuatan situs web, tetapi mungkin Anda masih memiliki beberapa pertanyaan. Cari tahu bantuan dan dukungan yang tersedia jika Anda merasa buntu. Beberapa penyedia CMS akan menyediakan Frequently Asked Questions (FAQ). Selain itu, terdapat opsi dukungan komunitas yang bisa membantu Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

situs website
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top