Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Mudah Melacak Nomor Telepon Tak Dikenal secara Online

Berikut ini cara mudah melacak nomor telepon tak dikenal secara online.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 Januari 2022  |  17:37 WIB
Ilustrasi pengguna ponsel
Ilustrasi pengguna ponsel

Bisnis.com, JAKARTA - Tak dapat ditampik jika sebagian dari kita tentunya pernah menerima pesan dari nomor yang tak dikenal.

Saat di posisi ini kita bertanya-tanya siapa seseorang di balik nomor telepon ini. Namun sebagian orang kadang tak mempedulikannya dan langsung memblokirnya saja.

Tapi bagi orang-orang yang memiliki rasa penasaran atas segala pertanyaan soal seseorang di balik nomor telepon ini bisa memuaskan rasa penasarannya tersebut dengan cara melacaknya.

Untuk melacak nomor telepon tak dikenal ini, kita bisa menggunakan dua aplikasi, yaitu Truecaller dan Getcontact.

Kedua aplikasi ini bisa digunakan untuk melacak nomor tak dikenal. Penggunaannya juga tidak menyulitkan karena hanya diharuskan untuk mengunduh aplikasi tersebut.

Salah satu aplikasi yang mampu mengindentifikasi nomor yang masuk ke handphone Android atau iOS kamu melalui telepon maupun SMS ialah Truecaller. Aplikasi ini memiliki database jutaan info nomor telepon yang telah diidentifikasi sebelumnya.

Dengan Trucaller kita bisa memblokir panggilan dari nomor yang terdeteksi spam, melihat nomor yang terdaftar sebagai spam, dan blokir nomor tersembunyi.
Kemudian aplikasi ini bukan hanya bisa digunakan via gadget, tetapi juga bisa langsung digunakan lewat website resmi melalui PC atau laptop. Cara menggunakan aplikasi ini pun tergolong sangat mudah.

Aplikasi Truecaller juga memiliki pesaing yaitu Getcontact. Aplikasi juga sering digunakan untuk melacak nomor telepon orang tak dikenal.

Getcontact ini memiliki fitur-fitur yang berguna seperti instant blocking, real-time caller identification, dan spam protection. Dalam penggunaaannya, Getcontact dan Truecaller kdapat dikatakan sangat mudah.

Untuk melacak nomor telepon tak dikenal dengan Truecaller, tentu saja dengan terlebih dahulu mengunduh dan membuka aplikasi ini di gadget.
Kemudian memberikan izin akses aplikasi dengan mengetuk Allow. Lalu masukkan nomor telepon kamu dan ketuk tombol Continue. Langkah selanjutnya ialah membuat profil Truecaller menggunakan akun FB, Google, atau mengetik namanya secara manual.

Lihat nomor yang menghubungi kamu di daftar log panggilan dan SMS yang muncul. Kemudian buka menu Contacts, masukkan nomor telepon yang ingin kamu lacak pada kolom pencarian. Lalu nomor yang telah dimasukkan akan dicocokkan dengan database Truecaller dengan lebih dari 5 miliar nomor terdaftar di database mereka.

Kemudian untuk melacak nomor tak dikenal dengan Getcontact bisa dilakukan dengan cara yang hampir sama yaitu dengan terlebih dahulu mengunduh dan membuka aplikasi ini di gadget.

Kemudian berikan izin akses aplikasi dengan mengetuk Allow. Lalu verifikasi nomor tersebut dan masukan nomor telepon yang ingin dilacak di kolom pencarian. Kemudian info soal nomor telepon tersebut akan ditampilkan.

Untuk penggunaan Truecaller via website bisa dilakukan dengan mengunjungi website resmi Trucaller di https://www.truecaller.com/. Dilanjutkan dengan memilih kode telepon negara Indonesia. Kemudian akan diarahkan untuk melakukan Sign In menggunakan akun Google atau Microsoft. Lalu masukan nomor telepon yang ingin dilacak di kolom pencarian. Klik ikon Search dan tunggu beberapa saat hingga Truecaller selesai mencari nomor tersebut dan mencocokkannya dengan database yang mereka miliki.

Untuk menggunakan Getcontact di komputer atau di website cara pertama yaitu dengan membuka aplikasi Getcontact di gadget lalu menuju ke menu Other atau Settings dan pilih Getcontact Web. Kemudian arahkan kamera ke kode QR untuk menangkap kode tersebut.

Truecaller dan Getcontact sekilas memiliki fungsi yang sama namun Getcontact ini memiliki sedikit perbedaan seperti dalam verifikasi nomor telepon, Getcontact ini menggunakan fitur #tag alias hashtag untuk daftar kontak yang ada.

Selain itu untuk menggunakan fitur-fitur tertentu yang lebih lengkap, kita harus berlangganan akun premium terlebih dulu yang dibanderol mulai dari $2.99 per bulan.

Aplikasi Getcontact tergolong aman untuk digunakan dan sangat membantu dalam mengidentifikasi spammer caller. Tapi mengingat Getcontact ini memiliki akses ke daftar kontak, SMS, penyimpanan, dan microphone pengguna untuk keperluan membuat pencarian nomor telepon menjadi lebih baik. Kita bisa menutup akses data ke Getcontact jika tidak ingin namamu tersebar dan diketahui banyak orang.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telepon

Sumber : Tempo.co

Editor : Setyo Puji Santoso

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top