Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Implementasi Mikro Operator, Begini Usulan XL Axiata (EXCL)

PT XL Axiata Tbk. (EXCL) mengusulkan agar implementasi mikro operator 5G di Tanah Air dilakukan melalui skema kerja sama dengan penyelenggara telekomunikasi.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 17 Januari 2022  |  11:28 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. (EXCL) mengusulkan agar implementasi mikro operator 5G di Tanah Air dilakukan melalui skema kerja sama dengan penyelenggara telekomunikasi.

Kerja sama yang terjalin pun harus sesuai dengan peraturan yang berlaku, khususnya mengenai berbagi spektrum frekuensi.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan bahwa konsep mikro operator disusun untuk mempercepat pembangunan Infrastruktur digital di Indonesia.

Percepatan pembangunan melalui penyelenggaraan jaringan seluler kecil lokal untuk pengiriman layanan yang disesuaikan, kata dia, dinilai dapat membuka dan mengoptimalkan ekosistem dan model bisnis baru layanan seluler 5G di masa depan.

Akan tetapi, lanjutnya, regulasi yang mengatur mikro operator sebaiknya dapat ditetapkan terlebih dahulu.

Tujuannya adalah agar menjadi pedoman bagi industri untuk menentukan strategi dalam rangka penerapan teknologi baru yang mengacu pada semangat undang-undang Nomor 11/2020 tentang Cipta Kerja dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46/2021 tentang Postelsiar.

Mengacu pada model lima skenario yang ditawarkan, XL Axiata mengusulkan agar penerapan mikro operator dapat dilakukan dengan mekanisme kerja sama dengan operator seluler.

“Hal ini sesuai dengan ketentuan pada UU Ciptaker, PP Nomor 46/2021 dan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 7/2021 terkait dengan spectrum sharing,” kata Ayu kepada Bisnis, Senin (17/1/2022).

Dia menjelaskan, perseroan turut berpartisipasi dan berkontribusi aktif dalam pembahasan dan pemberian masukan yang komprehensif dalam rangka membantu Kemenkominfo menyusun peta jalan 5G.

Salah satu yang dibahas di dalam peta jalan adalah strategi implementasi operator mikro, dengan beberapa scenario, antara lain kepemilikan jaringan, kerja sama dengan Jabersel, kepemilikan frekuensi, operasi jaringan, elemen jaringan, aplikasi platform, dan penomoran.

Menurutnya, penerapan mikro operator tanpa kerja sama dengan operator seluler berpotensi menimbulkan kompetisi yang tinggi.

“Dan bisa menutup peluang bisnis model baru bagi operator seluler dalam mengembangkan layanan 5G untuk industri vertikal, pemerintah, UMKM, dan korporasi,” imbuhnya

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata excl teknologi 5G
Editor : Lili Sunardi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top