Menuju UTBK, Ruangguru Gelar Program PelatnasUTBK

Akbar Evandio
Selasa, 11 Januari 2022 | 22:01 WIB
Ilustrasi pengumuman UTBK - SNMPTN 2021 / Twitter @LTMPTOfficial
Ilustrasi pengumuman UTBK - SNMPTN 2021 / Twitter @LTMPTOfficial
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan teknologi bidang pendidikan (edtech) Ruangguru meluncurkan #PelatnasUTBK sebagai program terintegrasi bagi siswa dalam menghadapi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

VP Marketing Ruangguru, Ignatius Untung Surapati menyebutkan, perusahaan menghadirkan program holistik untuk menghadapi UTBK melalui dua pendekatan yakni program untuk mengasah kemampuan teknis dan program kesiapan mental untuk membangun motivasi. 

“Program ini diharapkan dapat menjaga konsistensi pelajar para pelajar yang akan berjuang menghadapi UTBK, " ujarnya lewat diskusi virtual, Selasa (11/1/2022).

Sekadar informasi, UTBK merupakan ujian seleksi yang merupakan syarat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Untung menambahkan agar lolos UTBK-SBMPTN tidak hanya mengandalkan pada persiapan teknis akan tetapi mental juga harus dipersiapkan dengan baik.

Dia menjelaskan, program #PelatnasUTBK terinspirasi dari atlet bulutangkis nasional Greysia Polii, yang dinilai memahami makna perjuangan menuju keberhasilan sebagai proses panjang yang membutuhkan kesiapan mental dan konsistensi dalam berlatih mengasah kemampuan teknis saat dia mempersiapkan diri bertanding di ajang Olimpiade.

“Kemampuan intelektual tinggi tidak selalu menjamin seseorang untuk berhasil di dalam bidang yang mereka tekuni, karena kepintaran bukanlah satu-satunya faktor penentu keberhasilan. Kami melihat pola yang serupa dalam UTBK,  tingkat intelegensi dan nilai yang mereka miliki bukan satu-satunya faktor lolos UTBK, karena begitu banyak materi pelajaran yang perlu dikuasai dalam waktu yang relatif singkat, " tuturnya.

Program holistik Pelatnas UTBK dapat diikuti oleh semua pelajar untuk mendukung persiapan mereka menuju UTBK. Adapun, program akan berkutat pada pengasahan kemampuan teknis terdiri dari UTBK Center, UTBK Experts, Kitab UTBK, dan Kitab UTBK.

Sementara pada bagian kesiapan mental terdiri dari UTBK Experts-Special Series, Sesi tanya jawab bersama Pendiri Ruangguru, Webinar bersama Psikolog, Festival Cita-cita, sesi motivasi mingguan, pelatihan habit forming, dan weekly challenge.

Untuk diketahui, Pada 2021, terdapat 777.858 pelajar Indonesia yang tercatat sebagai peserta UTBK SBMPTN, sementara peserta yang dinyatakan lulus hanya 23,78 persen dari jumlah total peserta.

Dia menyebutkan, ketatnya persaingan melalui jalur UTBK, sekaligus tingginya harapan banyak pelajar Indonesia untuk berhasil memasuki PTN impian mereka, mendorong Ruangguru untuk menciptakan program holistik untuk persiapan sukses menghadapi UTBK, yaitu #PelatnasUTBK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper