Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Aplikasi Ini Deteksi Risiko Ledakan dalam Bangunan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahap sebelumnya, masih ditemukan rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap dampak beban ledakan (blast load) yang bekerja pada fasilitas umum yang dapat mengancam keselamatan masyarakat umum.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 02 Januari 2022  |  18:40 WIB
Aplikasi Ini Deteksi Risiko Ledakan dalam Bangunan
aplikasi Mobile Apps Blast Load (BURST/B).
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu risiko dalam sebuah bangunan yakni kebakaran, kerusakan karena gempa bumi dan juga ledkan seperti karena serangan teroris, malfungsi pabrik industri kimia, pembangkit energi tenaga nuklir, stasiun pengisian bahan bakar serta kejadian ledakan lain yang dapat membahayakan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahap sebelumnya, masih ditemukan rendahnya pengetahuan masyarakat terhadap dampak beban ledakan (blast load) yang bekerja pada fasilitas umum yang dapat mengancam keselamatan masyarakat umum.

Untuk memprediksi adanya ledakan dalam sebuah bangunan, Universitas Bakrie didukung oleh program Matching Fund dari Kemdikbud-Ristek dengan penelitian berjudul “Rancangan Elemen Struktur Bangunan Fasilitas Umum yang Tahan Terhadap Beban Ledakan” dan penciptaan Mobile Apps Blast Load (BURST-B).

“Mobile App BURST-B adalah bentuk kontribusi nyata Dosen dan Mahasiswa Universitas Bakrie yang bermanfaat besar untuk peningkatan keselamatan bangunan publik beserta penggunanya akibat beban ledakan”, ungkap Fatin Adriati, Dosen Teknik Sipil Universitas Bakrie dalam keterangan tertulis.

Universitas Bakrie juga menjalin kerjasama kemitraan dengan industri (PT Wiratman and Associates) yang memanfaatkan sumber daya yang dimiliki kedua belah pihak untuk memberikan kontribusi dalam permasalahan rancang bangun struktur yang tahan terhadap ledakan serta memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa.

Dalam program ini, mahasiswa akan mendapatkan supervisi dalam menyelesaikan desain teknis, berkoordinasi dengan rekan mahasiswa dalam tim maupun berkoordinasi dengan tim dari mitra kerjasama yang juga merupakan bagian dari pelaksanaan program MBKM dengan skema magang kerja, penelitian dan proyek independen.

Dosen yang terlibat juga akan dimanfaatkan kepakarannya oleh mitra kerjasama, melakukan publikasi bersama serta menghasilkan produk berupa mobile application mengenai blast load (beban ledakan) yang akan digunakan untuk kepentingan masyarakat luas mengenai dampak beban ledakan (blast load) terhadap fasilitas umum yang dapat mempengaruhi keselamatan penghuni bangunan atau fasilitas umum tersebut.

Dalam hal struktur bangunan, mitigasi yang sangat efektif berupa ketahanan struktur dan integritas fisik dari struktur tersebut. Bila sebuah struktur bangunan dirancang secara tepat terhadap beban abnormal atau beban ledakan ini, kerusakan dan kehancuran struktur bangunan dapat dihindari.

Sebagai tambahan, agar keamanan dari struktur bangunan yang telah ada akibat beban ledakan tetap terpenuhi diperlukan prosedur evaluasi dan retrofit bangunan bila diperlukan. Berbagai bahan peledak saat ini memiliki ukuran kecil tetapi lebih dasyat hasilnya dibandingkan dengan tipe beban ledakan beberapa tahun yang lalu.

Dengan perkembangan teknologi beban ledakan saat ini bersifat mobile (dapat dikendalikan dari jauh) sehingga kawasan yang terdampak beban ledakan menjadi semakin luas. Pada umumnya, korban yang timbul akibat beban ledakan tidaklah semata-mata akibat beban ledakan itu sendiri, namun diakibatkan oleh runtuhnya struktur bangunan akibat sifat ledakan berupa pelepasan energy yang sangat besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ledakan platform
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top