DANA Lestari Wujudkan Masyarakat Nontunai Peduli Lingkungan

Ahmad Thovan Sugandi
Kamis, 30 Desember 2021 | 12:26 WIB
Karyawati beraktivitas di dekat logo Dana di Jakarta, Jumat (16/4/2021). Bisnis/Himawan L Nugraha
Karyawati beraktivitas di dekat logo Dana di Jakarta, Jumat (16/4/2021). Bisnis/Himawan L Nugraha
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Komitmen DANA dalam memacu pemulihan sektor pariwisata yang terdampak pandemi terus berusaha diwujudkan dengan menciptakan masyarakat non-tunai yang peduli lingkungan dan berkelanjutan lewat inisiatif sosial bertajuk DANA Lestari.

Inisiatif DANA Lestari dilandaskan oleh kepedulian DANA sebagai dompet digital yang mengedepankan dampak menyeluruh untuk ekosistem ekonomi digital di sekitarnya.

Chief People & Corporate Strategy Officer DANA Agustina Samara menyebut, program perdana DANA Lestari dilaksanakan melalui kolaborasi DANA bersama masyarakat di sekitar TPS 3R Tuksongo untuk retribusi sampah di kawasan Borobudur, Jawa Tengah.

Agustina menjelaskan, penunjukan TPS 3R Tuksongo sebagai TPS Cashless percontohan pertama dilatarbelakangi oleh dorongan pemerintah untuk mengakselerasi pengembangan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur.

“Kami sadar bahwa teknologi yang dimiliki DANA memungkinkan berlangsungnya inisiatif ini dengan memudahkan cara pembayaran iuran TPS 3R Tuksongo yang kini sudah go digital," ujarnya dalam siaran pers, dikutip Kamis (30/12/2021).

Peluncuran TPS 3R Tuksongo yang telah menjadi program pengelolaan sampah di bawah Kementerian PUPR tersebut, dibalut dalam rangkaian acara Gebyar DANA Lestari yang didukung oleh Deputi Direktur Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah Rony Hartawan dan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Magelang Joko Sudibyo.

Bertepatan dengan peluncuran tersebut, DANA sekaligus mengedukasi langkah-langkah pembayaran iuran TPS 3R Tuksongo kepada masyarakat setempat yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan QRIS melalui fitur DANA Bisnis serta mengajak masyarakat untuk menebus paket sembakonya melalui dompet digital DANA.

Agustina mengatakan, kemunculan opsi baru dalam pembayaran iuran TPS 3R Tuksongo yang makin mudah dan tercatat dengan baik, diharapkan ikut meningkatkan minat dan tanggung jawab masyarakat dalam melestarikan lingkungan.

Melihat potensi pariwisata Indonesia yang begitu besar, Agustina menyebut, dukungan DANA untuk membangkitkan pariwisata pun tidak hanya berfokus pada 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas saja.

Selain Borobudur, dia melanjutkan, DANA turut berpartisipasi dalam Peresmian Kampung Perca di RW 01 Kelurahan Sindangsari, Kecamatan Bogor Timur yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Bogor. Dukungan DANA tersebut mencakup penyaluran bantuan berupa sejumlah perlengkapan pembuatan kain perca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper