Sistem Operasi Android 13 Bakal Bernama Tiramisu

Akbar Evandio
Minggu, 26 Desember 2021 | 09:50 WIB
Aplikasi mobile/Ilustrasi
Aplikasi mobile/Ilustrasi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Google dikabarkan akan mengusung nama Tiramisu untuk sistem operasi (OS) Android 13 yang turut melanjutkan tradisi perusahaan yang memberikan nama hidangan penutup untuk semua versi Android.

Dikutip melalui Gizmodo, android 13 disebut akan membawa beberapa fitur baru yang menarik dinanti khususnya bagi para pengguna ponsel pintar. Pertama adalah fitur Panlingual.

Fitur baru ini memungkinkan para penggunannya untuk mengatur bahasa di setiap aplikasi yang akan berguna bagi mereka yang fasih berbicara dalam banyak bahasa (Multilingual).

Google pun dikabarkan sudah menyiapkan izin akses dari fitur notifikasi sehingga pengguna kini bisa memilih untuk menampilkan notifikasi atau tidak. Adapun, saat ini pengguna Android wajib menerima notifikasi dari aplikasi dan harus pop-out secara manual untuk mematikannya.

Dengan fitur baru ini, pengguna bisa memilih untuk mengizinkan aplikasi menampilkan notifikasi atau tidak. Metode ini mirip seperti cara pengguna memilih untuk memberikan aplikasi izin ke lokasi atau kamera.

Android 13 juga kemungkinan akan mengenalkan fitur baru bernama Android Resource Economy yang bisa membantu pengguna menjaga baterai ponsel tetap awet.

Dengan fitur ini, aplikasi akan diberikan kredit berdasarkan level baterai ponsel. Kredit ini kemudian bisa ditukarkan untuk menjalankan tugas tertentu. Alhasil, makin kecil daya yang tersisa maka kredit yang diberikan ke aplikasi juga semakin sedikit.

Terakhir, Google kemungkinan akan membawa perubahan visual di jam lock screen agar bisa ditampilkan dalam satu baris. Seperti diketahui, saat ini tampilan jam lock screen selalu berubah menjadi dua baris jika tidak ada notifikasi yang masuk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper