Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apjatel Usul Satelit LEO OneWeb Layani Daerah 3T

Apjatel mengusulkan agar satelit LEO milik OneWeb bisa melayani daerah 3T untuk memangkas kesenjangan digital di Tanah Air.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 23 Desember 2021  |  21:07 WIB
Ilustrasi satelit komunikasi - Wikimedia Commons
Ilustrasi satelit komunikasi - Wikimedia Commons

Bisnis.com, JAKARTA - Asosiasi Penyelenggara Jaringan Telekomunikasi (Apjatel) menilai satelit low earth orbit (LEO) milik OneWeb dapat memangkas kesenjangan digital di Tanah Air.

Apjatel mengusulkan agar satelit LEO memberi layanan konektivitas di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T) atau daerah-daerah di luar perkotaan besar agar internet makin merata.

Ketua Umum Apjatel Jerry Siregar mengatakan satelit LEO milik OneWeb tidak jauh berbeda dengan satelit LEO milik Startlink. Satelit tersebut milik asing yaitu Amerika Serikat.

Demi kedaulatan negara dan kestabilan bisnis penyedia layanan telekomunikasi, sebaiknya layanan satelit LEO diarahkan ke daerah 3T.

Jerry mengatakan usulan serupa pernah disampaikan oleh Apjatel pada saat focus group discussion (FGD) bersama Kemenkominfo. Dengan hadir di 3T maka kesenjangan digital dapat terpangkas dan Indonesia tetap berdaulat.

“Satelit LEO kalau ingin digunakan di Indonesia secara berdaulat lebih baik di daerah 3T. Kalau di daerah urban risikonya besar,” kata Jerry, Kamis (23/12/2021).

Jerry mengatakan jika digelar di urban, layanan satelit LEO akan mengganggu belanja modal dan ongkos operasional yang selama lebih dari 10 tahun telah digelontorkan oleh pemain telekomunikasi, khusus penyedia layanan internet tetap.

Selain itu, masyarakat di daerah urban membutuhkan jaringan internet yang stabil. Jaringan satelit LEO rentan terhadap cuaca ekstrem di Indonesia yang merupakan negara tropis.

“Indonesia di tengah kondisi hujan yang tidak dapat diprediksi, layanan satelit tidak bisa memberikan layanan yang baik karena interferensi,” kata Jerry.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

satelit
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top