Asteroid Raksasa Dekati Bumi Besok, Berbahayakah?

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 13 November 2021 | 13:27 WIB
Asteroid menuju bumi
Asteroid menuju bumi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah asteroid raksasa akan mendekati bumi pada 13 November 2021 waktu AS atau sekitar 14 November waktu Indonesia.

Asteroid yang dijuluki 2004 UE itu, berada di jalur untuk melakukan pendekatan terdekatnya ke planet bumi. Profesor dan ketua astronomi University of Illinois Urbana-Champaign Leslie Looney menjelaskan asteroid 2004 UE berdiameter sekitar 160 meter dan akan melakukan perjalanan dekat dengan Bumi minggu ini.

Objek apa pun yang berdiameter lebih dari 140 meter dapat menyebabkan kerusakan besar pada kota atau pantai jika terjadi tabrakan, kata profesor astronomi tersebut.

Tetapi, dari jaraknya masih dianggap aman dan tidak berbahaya pada bumi.

"Asteroid 2004 UE tidak dianggap sebagai masalah keamanan karena pendekatan terdekat ke orbit Bumi pada 13 November akan lebih dari 30 kali jarak Bumi-bulan." ujarnya.

Adapun objek dekat Bumi adalah meteoroid, asteroid, atau komet dengan orbit yang mendekatkannya ke orbit Bumi. Mereka adalah sisa dari proses pembentukan tata surya kita, yang berarti mereka adalah potongan-potongan es dan batu yang hampir murni dari mana planet-planet terbentuk.

Orbit mereka diketahui dari pelacakan, dan komposisi mereka diketahui dari pemeriksaan pantulan dan cahaya infra merah dan dengan membandingkan objek-objek yang telah kami kunjungi dengan misi luar angkasa.

Selama 20 tahun terakhir, NASA telah menemukan hampir 28.000 asteroid.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper