Rentan Diretas, Ini 3 Kesalahan dalam Mengelola Password Akun di Internet

Newswire
Kamis, 4 November 2021 | 07:24 WIB
Ilustrasi kata sandi atau password/Antara
Ilustrasi kata sandi atau password/Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Mengelola password atau kata kunci akun di internet memang bukanlah hal yang mudah. Bahkan yang sudah berhati-hati sekalipun, masih ada yang mengalami pencurian data karena akunnya diretas.

Survei agensi riset pasar YouGov pada September 2021 kepada 13.000 responden menunjukkan beberapa kesalahan dalam mengelola keamanan sandi atau kata kunci akun internet yang bisa berakibat fatal.

Product Marketing Manager Google Indonesia Amanda Chan mengatakan orang yang pernah menjadi korban pelanggaran data berpotensi sepuiluh kali lipat untuk menjadi korban peretasan.

"Jangan mengorbankan keamanan demi kemudahan sesaat," katanya, dikutip dari tempo.co, Kamis (4/11/2021).

Berikut tiga kesalahan yang kerap dilakukan dalam mengelola dan menjaga password:

  • Berbagi password

Penelitian ini menemukan, tiga dari lima responden memberikan kata sandi kepada teman atau keluarga. Password yang dibagi biasanya untuk layanan yang dapat digunakan bersama-sama, seperti akun platform streaming, layanan pesan-antar makanan, dan situs e-commerce.

  • Membuat kata sandi yang lemah

Separuh dari responden Indonesia memakai sandi yang mudah ditebak dengan memadukan hal-hal yang paling gampang diretas. Misalkan tanggal penting, nama pasangan, nama hewan peliharaan, hingga kode pos. Hampir satu dari empat orang menyimpan sandi dalam aplikasi ‘Note' atau catatan di ponsel, yang umumnya tidak terenkripsi atau sangat mudah diakses.

  • Satu password untuk semua

Sebanyak 79 persen responden Indonesia menggunakan sandi yang sama untuk beberapa situs. Dari jumlah itu, dua dari lima orang melakukannya sampai kesepulih situs berbeda. Di antara kelompok ini, 40 persen mengatakan berbuat begitu karena khawatir tidak bisa mengingat kata sandi, sedangkan 30 persen beralasan demi kemudahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper