Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wow! Pendapatan Mitra Gojek Naik Dua Digit, Ini Alasannya

Riset UI menunjukkan pendapatan mitra Gojek mengalami kenaikan hingga dua digit pada tahun ini.
Rahmi Yati
Rahmi Yati - Bisnis.com 25 Oktober 2021  |  11:05 WIB
Wow! Pendapatan Mitra Gojek Naik Dua Digit, Ini Alasannya
Pengemudi Ojek Online membeli pesanan makanan yang diorder dari aplikasi di Jakarta. Bisnis - Arief Hermawan P
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Riset terbaru Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) menunjukkan pendapatan mitra Gojek mengalami persentase kenaikan dua digit pada tahun ini dibandingkan dengan 2020.

Peneliti LD FEB UI Alfindra Primaldhi mengatakan mitra UMKM GoFood mengalami rata-rata kenaikan pendapatan 66 persen, sementara mitra driver GoCar dan GoRide mengalami peningkatan pendapatan rata-rata 24 persen dan 18 persen pada tahun ini dibandingkan dengan 2020.

"Selama pandemi, ekosistem Gojek menjadi salah satu pilihan konsumen untuk tetap produktif. Mereka juga merasa aman menggunakan layanan dalam ekosistem ini," katanya dalam siaran pers dikutip Senin (25/10/2021).

Dia juga mendapati fakta bahwa Gojek semakin diandalkan masyarakat Indonesia. Pasalnya, konsumen membelanjakan lebih dari seperempat pendapatan bulanannya di dalam ekosistem Gojek.

Menurutnya, ekosistem Gojek dan GoTo Financial pada tahun ini diperkirakan berkontribusi sebesar 1,6 persen kepada PDB Indonesia atau sekitar Rp249 triliun, meningkat 60 persen dibandingkan dengan periode 2019-2020.

"Kontribusi ini didorong kondisi makro ekonomi yang membaik serta kemampuan ekosistem Gojek mempercepat pemulihan melalui peningkatan pendapatan mitra driver dan UMKM," ujarnya.

Sementara itu Wakil Kepala LD FEB UI Paksi C.K Walandouw menilai peningkatan pendapatan mitra serta loyalitas konsumen berdampak positif pada pemulihan ekonomi Indonesia pada masa pandemi.

Hal ini, lanjutnya, ditunjukkan dengan peningkatan pendapatan para mitra driver dan UMKM pada 2021 yang diperkirakan akan mencapai Rp66 triliun dari 2020 ke 2021.

Sebagai informasi, riset LD FEB UI dilakukan di beberapa kota dengan responden riset adalah konsumen, UMKM, mitra driver dan mitra kurir yang sudah menggunakan layanan Gojek sebelum pandemi (sejak Maret 2020).

Total responden yang mengisi kuesioner secara lengkap dan dapat dilakukan analisis adalah 42.471 orang, terdiri dari 10.837 mitra driver GoRide, 9.756 mitra driver GoCar, 7.228 mitra driver GoSend dan GoKilat, 4.363 mitra UMKM GoFood, 1.728 mitra social seller, dan 8.559 konsumen.

Mayoritas responden (95 persen) tersebar di 21 kota. Pengumpulan data dilakukan secara online dengan pendekatan simple random sampling (margin of error 2 persen, level of confidence 95 persen).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm Gojek
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

back to top To top