Lima Tahun Google Assistant, Apa Saja Inovasinya hingga Saat Ini?

Newswire
Jumat, 15 Oktober 2021 | 14:23 WIB
Google Assistant/istimewa
Google Assistant/istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Lima tahun lalu raksasa teknologi Google meluncurkan Google Assistant. Saat itu teknologi asisten virtual ini masih terasa aneh karena meminta sesuatu terhadap sebuah perangkat. Tapi, kini hal itu menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari bagi jutaan orang di seluruh dunia.

“Google Assistant telah membantu menjawab miliaran pertanyaan, mengirim jutaan pesan, membuat jutaan resep, mengatur miliaran pengingat, dan banyak lagi, cukup dengan suara Anda,” ujar Google, dikutip dari tempo.co, Jumat (15/10/2021).

Awalnya, Google Assistant hanya menawarkan dua suara, tersedia di speaker Google Home di Amerika Serikat dan mendukung bahasa Inggris dan Jerman khusus di ponsel Pixel.

Namun saat ini, Google Assistant tersedia di lebih dari 90 negara, hampir 30 bahasa, menawarkan 10 suara untuk dipilih dan bekerja dengan lebih dari 100 juta perangkat rumah pintar, termasuk lampu, sistem keamanan, dan termostat.

“Coba tanyakan: ‘Hai Google, Selamat Ulang Tahun’ atau ‘Hai Google, berapa umur Anda?’ untuk sebuah kejutan,” kata Google.

Selama lima tahun, Google Assistant menghadirkan beberapa fitur dan inovasi teknologi yang membantu aktivitas penggunannya. Misalnya, Google Assistant menyatukan semua teknologi yang telah dibangun Google selama bertahun-tahun, dari grafik pengetahuan (Knowledge Graph) hingga pemrosesan bahasa alami (Natural Language Processing).

Salah satu terobosan baru-baru ini adalah ketika menerapkan BERT, neural transformer revolusioner yang ditemukan Google pada 2018, ke percakapan Asisten. Teknologi ini membantu Google Assistant memahami konteks dan dialog yang lebih panjang dan memungkinkan pengguna melakukan percakapan bolak-balik yang lebih alami.

“Sebagai contoh: ‘Ceritakan fakta menarik’ dan ‘Bantu aku bicara bahasa Inggris’ itu bisa ditanyakan di Google Assistant,” tutur Google.

Google Assistant tidak hanya memungkinkan pengguna mengakses banyak informasi dan pembelajaran dari kekuatan perintah suara, tapi juga membantu menangani hal-hal kecil di sekitar rumah, atau di mana pun dan kapan pun pengguna berada. Contohnya, pengguna bisa menanyakan: ‘Di mana apotek terdekat?’.

Google Assistant dapat membantu dari merencanakan perjalanan atau bahkan ketika sedang dalam perjalanan menuju apotik terdekat itu. Contoh lainnya: ‘Hitung 350.000 dibagi 4’, Google Assistant juga bisa menyelesaikan persoalan matematika yang rumit dan panjang.

Atau coba beri perintah: ‘Atur Waktu 5 Menit’. Pada 2020, resep yang ditelusuri dengan Google Assistant meningkat lebih dari delapan kali dalam setahun terakhir ini, dan berkat tren memasak kue semasa di rumah, roti pisang masih menjadi resep yang paling banyak diminta di fitur itu di seluruh dunia.

“Dan karena baking membutuhkan waktu yang tepat, lebih banyak pengatur waktu [Set Timer] digunakan pada tahun 2020 daripada sebelumnya," ujar Google.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper