Startup Digital Mendapatkan Business Mentoring dari Entrepreneur dan Investor dalam Program Business Matchmaking HUB.ID

Media Digital
Kamis, 7 Oktober 2021 | 17:00 WIB
Foto: dok. HUB.ID
Foto: dok. HUB.ID
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Program HUB.ID yang difasilitasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah merampungkan kegiatan Business Matchmaking dan Mentoring untuk vertikal Tourism, Finance, dan Healthcare. Tahap pertama kegiatan Mentoring diadakan secara daring (online) pada tanggal 1-18 September 2021, sementara Business Matchmaking berlangsung di Jakarta pada 9-24 September 2021.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan, Business Matchmaking dan Mentoring akan mempertemukan para peserta dengan sejumlah tokoh penting yang mewakili sektor BUMN, korporasi, dan pemerintah. Kegiatan ini akan membantu peserta untuk saling bertukar ide dan mengidentifikasi target pasar yang diincar dengan para inovator dan ahli di bidangnya.

“Program HUB.ID berupaya membantu startup Indonesia untuk mengukur kekuatan bisnis dan menemukan model bisnis yang tepat. Melalui kegiatan, kami harap para peserta terpilih dapat mendorong pertumbuhan bisnis dan meningkatkan daya saingnya di dalam dan luar negeri,” ungkap Semuel.

Pada vertikal Tourism, Finance, dan Healthcare, ada 13 peserta yang mengikuti Business Matchmaking dan Mentoring. Dengan rincian, Tourism diikuti Izy, SimHive, Ayo Indonesia, Opsigo, Pejalan.id, dan Rangkai. Vertikal Finance diikuti oleh IndoHP, GudangEmas, MyRobin, dan HIPajak, sedangkan vertikal Healthcare diikuti oleh CtScope, Izidok, Synchro.

Sebanyak delapan tokoh dari startup dan VC berpartisipasi sebagai mentor. Mereka antara lain CEO Alodokter Nathanael Faibis, CEO mClinica Farouk Meralli, CEO MDI Ventures Donald Wihardja, CEO Indonesia Paradise Property Anthony Prabowo Susilo, Partner di Arise Fund Aldi Adrian, Founder and Managing Partner of Velocity Ventures Nicholas Cocks, Chief Investment Officer BRI Ventures William Gozali, dan CEO LinkAja Haryati Lawidjaja.

Kemudian, Business Matchmaking di ketiga vertikal ini turut melibatkan 13 tokoh startup, korporasi, dan VC. Rinciannya, Tourism terdiri dari Senior Investment Associate Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) Nathan Alexander, GM Partnership Garuda Indonesia Ali Mujahid, Senior Manager Travel Product Development Hotel Indonesia Natour Juniawan Situmorang, VP Travel Management Hotel Indonesia Natour Susy Napitupulu, dan Tribe Leader Travel & Tourism Wonderin.id Jeami Gumilarsjah.

Vertikal Finance melibatkan Corporate Action BNI Indra Jatmiko, VP of Investment & Business Development BRI Ventures Markus Liman Rahardja, Chief Marketing Officer Pos Finansial Indonesia (POSFIN) Riano Bayu Satria, Plt Kepala Divisi Innovation

Center Pegadaian Achmad Furqan Idrus, dan Head of Channeling & Business Partnership Pegadaian Ivan Rusanto. Terakhir, Healthcare melibatkan VP Partnerships Alodokter Agustine Gunawan, Digital Incubation Group Head Siloam Hospitals Siloam Agus Wismoyo, dan Tribe Leader eHealth Telkom Group (FitAja) Sigit Hadi Prayoga.

Plt. Direktur Ekonomi Digital Ditjen Aptika Kementerian Kominfo, I Nyoman Adhiarna mengatakan, pihaknya kini tengah mempersiapkan sesi Business Matchmaking dan Mentoring selanjutnya ke vertikal Smart City yang akan digelar pada 30 September. Ketiga vertikal lainnya, yaitu Logistic, Agriculture, dan Education akan diselenggarakan pada 6-27 Oktober 2021.

“Sebanyak delapan peserta startup terpilih untuk mengikuti Business Matchmaking dan Mentoring di vertikal Smart City, antara lain Jaramba, ETAB, Prosa, Handyman, Antrique, Manpro, Digides, dan Widya Skilloka. Beberapa tokoh yang akan terlibat sebagai mentor adalah Accelerating Asia, Qlue, dan PrivyID,” ungkap I Nyoman.

Sekadar informasi, HUB.ID merupakan program akselerator bagi para pelaku startup di tahapan post-seed untuk memperoleh fasilitas, mulai dari mentoring, networking, hingga demo day. Dari total partisipan sebanyak 481 startup, HUB.ID akan mengambil total sebanyak 50 (lima puluh) peserta yang berasal dari tujuh vertikal industri, antara lain Agriculture & Aquaculture, Healthcare, Education, Logistics, Tourism, Finance, Smart City/Government Solution.

HUB.ID mengundang sebanyak 49 para pemangku kepentingan, baik dari perusahaan korporasi, startup, hingga pemerintahan. Para peserta terpilih dapat memperluas koneksinya pada Networking Session di (10) sepuluh kota/kabupaten di Indonesia, antara lain Surabaya, Makassar, Medan, Balikpapan, Bandung, Denpasar, Batam, Pekanbaru, Yogyakarta, dan Manado. Berita terkini mengenai program ini dapat diakses melalui website www.hub.id.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper