Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Manakah yang Lebih Cerdas, Kucing atau Anjing?

Tahukah Anda mana yang lebih cerdas, kucing atau anjing?
- Bisnis.com 04 Oktober 2021  |  19:33 WIB
Ilustrasi - bbc.com/getty image
Ilustrasi - bbc.com/getty image

Bisnis.com, JAKARTA - Pemilik anjing dan kucing membuat banyak asumsi tentang kecerdasan diantaranya. Dan ternyata, jawabannya tidak sesederhana itu.

Peneliti kognisi anjing, Alexandra Horowitz, seorang rekan peneliti senior yang berspesialisasi dalam kognisi anjing di Barnard College di New York dan penulis " Inside of a Dog : Apa yang Anjing Lihat, Cium, dan Ketahui " (Scribner, 2010), kepada Live Science dalam email.

Faktanya, Horowitz mempertanyakan kebiasaan manusia membandingkan kecerdasan antar spesies. 

"Dalam bentuknya yang paling sederhana, kucing pintar dalam hal-hal yang perlu dilakukan kucing, dan anjing dalam hal-hal anjing," katanya.

"Saya rasa sama sekali tidak masuk akal untuk berbicara tentang spesies yang relatif 'pintar'."

Brian Hare, seorang profesor antropologi evolusioner di Duke University, setuju dengan penilaian itu.

"Menanyakan apakah anjing lebih pintar dari kucing sama seperti menanyakan apakah palu adalah alat yang lebih baik daripada obeng - itu tergantung pada apa yang dirancang untuk itu," katanya kepada Live Science melalui email.

Kristyn Vitale, asisten profesor kesehatan dan perilaku hewan di Unity College di Maine, mengatakan kecerdasan hewan biasanya dibagi menjadi tiga bidang besar: kemampuan memecahkan masalah, pembentukan konsep (kemampuan untuk membentuk konsep umum dari pengalaman konkret yang spesifik) dan kecerdasan sosial.

Vitale terutama mempelajari kucing, dan fokusnya saat ini pada kehidupan batin kucing berkisar pada kecerdasan sosial. Seringkali distereotipkan sebagai penyendiri dan tidak tertarik pada manusia, kucing sebenarnya menunjukkan tingkat kecerdasan sosial yang tinggi, "seringkali pada tingkat yang sama dengan anjing," katanya kepada Live Science melalui email.

Misalnya, penelitian menunjukkan bahwa kucing dapat membedakan antara nama mereka dan kata-kata yang terdengar mirip, dan mereka ditemukan lebih menyukai interaksi manusia daripada makanan, mainan, dan aroma. Perhatian manusia membuat perbedaan pada kucing: Sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Behavioral Processes menemukan bahwa ketika seseorang memperhatikan kucing, kucing merespons dengan menghabiskan lebih banyak waktu dengan orang itu.

Dalam salah satu studi, para peneliti tidak menemukan perbedaan signifikan antara kemampuan spesies untuk menemukan makanan tersembunyi menggunakan isyarat dari penunjuk manusia.

Namun, para peneliti mencatat bahwa "kucing tidak memiliki beberapa komponen perilaku mendapatkan perhatian dibandingkan dengan anjing."

Lalu, ada ukuran otak. Hare mengatakan dia dan antropolog Universitas Arizona Evan MacLean merekrut lebih dari 50 peneliti di seluruh dunia untuk menerapkan tes yang mereka kembangkan di 550 spesies hewan, termasuk "burung, kera, monyet, anjing, lemur, dan gajah," katanya.

Tes mereka, dilaporkan dalam makalah tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences , adalah versi hewan dari studi Stanford University tahun 1972 yang terkenal di mana anak-anak usia 3 hingga 5 tahun diuji kemampuan mereka untuk menunda makan marshmallow . 

Studi lintas spesies menunjukkan bahwa "semakin besar otak seekor hewan, semakin banyak kontrol diri yang mereka tunjukkan dalam uji marshmallow hewan kami," kata Hare. Kemampuan untuk melatih pengendalian diri merupakan salah satu indikasi fungsi kognitif yang lebih tinggi.

Tapi ada satu hal yang menarik: Kucing tidak diikutsertakan dalam tes, jadi sementara kita bisa berspekulasi bagaimana kinerja mereka berdasarkan ukuran otak mereka, kita tidak benar-benar tahu. 

Kesimpulannya adalah untuk lebih menghargai jenis kecerdasan khusus hewan peliharaan Anda, terutama kecerdasan sosial yang membuat mereka menjadi teman yang menyenangkan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anjing Kucing

Sumber : Ayyubi Kholid Saifullah

Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top