Tidak Dapat Area 3T, Indosat Tetap Komitmen Dukung Pemerataan Jaringan

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 28 September 2021 | 11:30 WIB
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Meski tak terpilih sebagai salah satu penyedia layanan 4G di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T), PT Indosat Tbk. tetap berkomitmen untuk mendukung program pemerataan jaringan yang digagas oleh pemerintah.

Senior Vice President Corporate Communications Indosat Steve Saerang mengatakan bahwa perseroan turut mengikuti proses pemilihan mitra Kerja Sama Operasional (KSO) Badan Layanan Umum (BLU) Bakti Kominfo di lebih dari satu paket.

Perihal keputusan pemenang yang terpilih menjadi mitra KSO, kata Steve, menjadi wewenang dari penyelenggara, dalam hal ini Kemenkominfo.

“Indosat selalu berkomitmen untuk mendukung program Pemerintah, khususnya yang berkaitan dengan upaya pemerataan akses internet ke seluruh Nusantara,” kata Steve kepada Bisnis, Kamis (28/9/2021).

Sebelumnya, Kemenkominfo telah memilih Mitra Kerja Sama Operasional (KSO) Badan Layanan Umum Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi untuk melaksanakan Program Penyediaan Layanan Seluler Base Transceiver Station (BTS) 4G di wilayah 3T.

PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mendominasi dengan terpilih menggelar layanan di delapan area. XL Axiata terpilih menggelar di satu area. Sementara itu, Indosat dan Tri yang baru saja merger, tidak memenangkan apapun, begitu pun dengan Smartfren.

Adapun kesembilan area dengan mitra KSO terpilih, adalah Area 1 - Sumatera mitra terpilih PT XL Axiata Tbk.; Area 2 - Nusa Tenggara (PT Telekomunikasi Selular); Area 3 - Kalimantan (PT Telekomunikasi Selular); Area 4 Sulawesi (PT Telekomunikasi Selular); dan Area 5 Maluku (PT Telekomunikasi Selular).

Kemudian, Area 6 di wilayah Papua Barat (PT Telekomunikasi Selular); Area 7 Papua Tengah Barat (PT Telekomunikasi Selular); Area 8 Papua Tengah Utara (PT Telekomunikasi Selular), serta Area 9 wilayah Papua Timur Selatan dengan mitra terpilih PT Telekomunikasi Selular.

“Program penyediaan layanan seluler 4G di wilayah 3T, dalam rangka mendukung akselerasi transformasi digital nasional kita,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Lili Sunardi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper