Ngeri, Ini yang Ditemukan di 'Sumur Neraka', Terdalam di Dunia

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 26 September 2021 | 13:21 WIB
Sumur neraka
Sumur neraka
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Penjelajah gua dari Oman telah menjadi orang pertama yang turun ke dasar lubang "Sumur Neraka" sedalam 367 kaki (112 meter) di Yaman.

Sumur yang disebut sebagai sumur terdalam di dunia itu, diyakini penduduk lokal sebagai pintu gerbang menuju dunia jin ke bawah tanah.

Lubang pembuangan alami, yang secara resmi dikenal sebagai Sumur Barhout, memiliki pintu masuk melingkar menakutkan yang berdiameter 98 kaki (30 m) dan terletak di tengah gurun di provinsi al-Mahra di Yaman timur, dekat dengan perbatasan dengan Oman. Penjelajah gua amatir telah memasuki lubang pembuangan sebelumnya, tetapi sampai sekarang tidak ada yang diketahui berhasil sampai ke dasar.

Pekan lalu, tim yang terdiri dari 10 penjelajah dari Tim Eksplorasi Gua Oman (OCET) menjelajahi Sumur Barhout menggunakan sistem katrol yang menurunkan delapan anggota ke bawah sementara dua sisanya tetap di atas. Sekelompok kecil penonton pemberani berkumpul untuk menonton acara tersebut, meskipun ada ketakutan lokal di sekitar lubang pembuangan. 

"Gairah mendorong kami untuk melakukan ini," Mohammed al-Kindi, seorang profesor geologi di Universitas Teknologi Jerman di Oman yang merupakan bagian dari tim OCET. Dan kami merasa bahwa ini adalah sesuatu yang akan mengungkapkan keajaiban baru dan bagian dari sejarah Yaman." dilansir dari Livescience. 

Para penjelajah melaporkan menemukan air terjun, ular, hewan mati, stalagmit, dan mutiara gua, tetapi tidak mengherankan bahwa mereka tidak menemukan jin atau pintu masuk ke neraka.

Usia pasti dari Sumur Barhout saat ini tidak diketahui, tetapi kemungkinan berusia jutaan tahun.

Banyak mitos lokal bermunculan untuk menjelaskan lubang pembuangan, sebagian besar menggambarkannya sebagai penjara bagi jin, yang menyebabkan nasib buruk.

Beberapa orang juga percaya bahwa jika mereka terlalu dekat, lubang pembuangan dapat menarik orang ke dalam; yang lain mengklaim bahwa lubang yang menganga itu adalah gunung berapi super yang mampu menghancurkan Bumi, meskipun tidak ada bukti ilmiah yang mendukung hal ini.

Di masa lalu, orang juga melaporkan bau busuk yang keluar dari lubang besar, sesuatu yang memicu cerita tentangnya sebagai pintu gerbang ke neraka, yang mengarah ke julukannya.

Namun, pada kenyataannya, Sumur Barhout adalah lubang pembuangan yang cukup khas.

"Ada berbagai jenis lubang pembuangan," kata Philip van Beynen, ahli lubang pembuangan di University of South Florida yang tidak terlibat dalam eksplorasi, kepada Live Science. "Yang paling umum adalah lubang runtuhan dan amblesan."

Keruntuhan lubang runtuhan terbentuk ketika rongga di batuan dasar di bawah permukaan meluas sedemikian rupa sehingga atap di atasnya tidak lagi ditopang, dan batuan serta sedimen di atasnya tiba-tiba runtuh ke dalam gua. Lubang runtuhan terjadi ketika sedimen permukaan perlahan menetes ke dalam rongga kecil di bawah tanah sampai depresi atau lubang runtuhan terbentuk, kata van Beynen.

Keduanya bergantung pada jenis lanskap khusus, yang dikenal sebagai karst, yang dicirikan oleh batuan dasar karbonat seperti batu kapur dan dolomit, yang larut dalam air dan mengarah ke gua, mata air, dan lubang pembuangan, kata van Beynen.

Sayangnya, sulit untuk mengatakan dengan tepat bagaimana atau kapan lubang runtuhan terbentuk, tambahnya. "Kecuali itu terjadi ketika orang tinggal di lokasi dan merekam peristiwa itu, maka itu hampir tidak mungkin."

Para penjelajah juga melaporkan melihat ular, katak, dan kumbang di dalam sistem gua, serta beberapa hewan mati, terutama burung, yang tampaknya jatuh di dalam lubang. Mayat yang membusuk bisa menyebabkan bau busuk yang dilaporkan oleh penduduk setempat, tetapi "tidak ada bau busuk yang menyengat" di dalam lubang pembuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper