Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lho, PeduliLindungi Buatan Singapura? Cek Faktanya!

Telkom Indonesia memberikan penjelasan terkait dengan kabar aplikasi PeduliLindungi merupakan buatan Singapura.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 14 September 2021  |  12:44 WIB
Warga menggunakan aplikasi PeduliLindungi di kawasan Stasiun Sudirman, Jakarta, Sabtu (28/8/2021). Kementerian Perhubungan menyatakan penerapan aplikasi PeduliLindungi?untuk perjalanan transportasi di moda darat, laut, udara dan perkeretaapian akan dilaksanakan secara serentak mulai hari ini untuk menekan penyebaran COVID-19. - ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Warga menggunakan aplikasi PeduliLindungi di kawasan Stasiun Sudirman, Jakarta, Sabtu (28/8/2021). Kementerian Perhubungan menyatakan penerapan aplikasi PeduliLindungi?untuk perjalanan transportasi di moda darat, laut, udara dan perkeretaapian akan dilaksanakan secara serentak mulai hari ini untuk menekan penyebaran COVID-19. - ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telkom Indonesia Tbk. menegaskan bahwa aplikasi PeduliLindungi merupakan buatan anak bangsa.

Segala data yang terdapat di dalamnya tersimpan dengan aman di pusat data nasional (PDN) yang dikelola oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Menanggapi postingan akun instagram @PeterGontha mengenai aplikasi PeduliLindungi, Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Telkom Indonesia Ahmad Reza menegaskan PeduliLindungi murni aplikasi buatan anak bangsa.

Hal tersebut sudah disampaikan sejak PeduliLindungi muncul per April 2020. Seluruh data yang diolah dan diproses PeduliLindungi terjaga dengan baik di PDNl kelolaan Kemkominfo.

“Jadi tidak benarnya pernyataan yang menyebutkan bahwa aplikasi PeduliLindungi adalah buatan negara lain dan datanya rentan diambil pihak asing,” kata Reza kepada Bisnis.com, Selasa (14/9/2021).

Reza juga mengatakan pernyataan dari Peter tidak benar dan bisa dibilang hoaks.

“Saya tegas katakan bahwa statement itu tidak benar dan bisa dibilang hoaks,” kata Reza.

Dia menjelaskan sebagai pihak yang dipercaya menjadi pengembang PeduliLindungi oleh pemerintah, Telkom memang senantiasa mengambil praktik terbaik dari negara-negara lain yang sudah lebih dahulu memiliki aplikasi pelacakan digital.

Nilai-nilai positif dari berbagai aplikasi di luar negeri itu Telkom ambil untuk pengembangan PeduliLindungi secara mandiri, dan sama sekali tanpa campur tangan pihak asing.

Reza memohon kepada masyarakat dan seluruh tokoh, pegiat media sosial, agar bisa lebih bijak dan hati-hati menyampaikan pendapat terutama di tengah kondisi pandemi seperti ini.

“Ayo kita lebih bijaksana melihat pentingnya berbagai upaya pemulihan ekonomi dan kesehatan masyarakat dilakukan secara berkesinambungan,” kata Reza.

Sebelumnya, Senin (13/9/2021) melalui akun Instagramnya @petergontha, mantan komisaris Garuda Indonesia itu mengunggah pernyataan mengenai PeduliLindungi.

Akun @petergontha menulis: “Ternyata aplikasi PEDULILINDUNGI itu aplikasi bikinan Singapore. Gila. Seluruh data kita direkam Singapore dan kedaulatan data Indonesia sudah ada di tangan mereka, meski Aplikasi Telkom. Mereka tahu alamat kita, tanggal lahir kita, email kita, kita makan apa, kita kemana saja,” tulisnya.

“Kalau saya salah mohon diinformasikan apa yang salah,” tambahnya.

Postingan tersebut sempat mendapat 330 like. Pada Selasa (14/9/2021) postingan tersebut telah menghilang. Namun beberapa media telah mengabadikan postingan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aplikasi Pedulilindungi
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Terpopuler

Banner E-paper
To top