Mamikos: Permintaan Hunian Naik hingga 25 Persen

Akbar Evandio
Kamis, 29 Juli 2021 | 18:17 WIB
Ilustrasi rumah kos-kosan. /Istimewa
Ilustrasi rumah kos-kosan. /Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Penyedia layanan pencarian dan sewa kos, Mamikos melihat permintaan akan hunian sementara di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mengalami peningkatan.

Co-founder dan CEO Mamikos Maria Regina Anggit mengatakan masyarakat mencari hunian yang tidak hanya menawarkan kenyamanan, tetapi juga penerapan protokol kesehatan.

Dia melanjutkan, pada kuartal I dan kuartal II tahun ini menunjukan produktivitas dan permintaan akan kebutuhan hunian mengalami kenaikan sekitar 20—25 persen setiap bulan. 

“Terutama dalam hal penetrasi bisnis-bisnis Mamikos ke pasar mulai dari MamiAds hingga Manajemen Properti Singgahsini-Apik serta jumlah pelanggan yang menempati kamar kos. Bahkan, pada Juni naik 1,5—2 kali lipat [jumlah tenant],” katanya, Kamis (29/7/2021).

Maria mengamini, PPKM membuat mobilitas terhambat sehingga aktivitas pelanggan yang ingin melakukan survei kos menjadi tersendat. Selain itu ada juga rasa was-was baik dari sisi Mitra Mamikos (pemilik kos) maupun pelanggan untuk berinteraksi.

Dia melanjutkan, untuk mengantisipasi persoalan yang ada perusahaan menggunakan ragam strategi, mulai dari tur secara virtual (virtual tour), kos higienis, yaitu program untuk menjaga kos tetap steril bagi pemilik dan label khusus di mamikos serta promosi khusus.

Selain itu, program Kos Higienis Mingguan yang merupakan paket promo khusus untuk pelanggan yang membutuhkan tempat karantina sementara setelah perjalanan luar kota atau pindah dari rumah sementara karena ada keluarga yang isoman.

“Target Mamikos secara general adalah bagaimana selalu meningkatkan performa bisnis mitra dan tenantnya dari waktu ke waktu. Dengan begitu, penetrasi produk-produk Mamikos juga akan terbangun sendiri secara organik di pasar,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan layanan Kos Higienis menerapkan pelaksanaan standar protokol kesehatan seperti disinfeksi kamar untuk setiap penghuni yang baru check-in, penyediaan hand sanitizer di area kos, penyuluhan aktif agar menjaga jarak penggunaan masker di tempat umum, dan swab antigen untuk calon penyewa.

Maria menambahkan, dengan tergabung di layanan Kos Higienis, Mitra Mamikos akan mendapatkan stiker atau penanda khusus di foto properti kosnya, dan mendapatkan layanan disinfektan oleh MamiService.

“Saat ini layanan Kos Higienis telah tersedia untuk area Jabodetabek & Yogyakarta,” ujarnya.

Menurutnya, kondisi pandemi Covid-19 penuh dengan ketidakpastian sehingga perusahaan berharap layanan ini dan berbagai inisiatif lainnya dapat membantu keberlangsungan usaha dari para mitra mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper