Grab dan EMTK Kolaborasi Dorong Percepatan Digitalitasi UMKM

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 26 Juli 2021 | 17:37 WIB
Logo PT Elang Mahkota Teknologi Tbk dan sejumlah portofolio usahanya./emtek
Logo PT Elang Mahkota Teknologi Tbk dan sejumlah portofolio usahanya./emtek
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (EMTK) menjalin kemitraan strategis dengan PT Grab Teknologi Indonesia. Kedua perusahaan akan menjajaki kolaborasi dengan memanfaatkan luasnya jangkauan dan kekuatan unik dari masing-masing ekosistem yang  dimiliki. 

Tujuan utama kolaborasi tersebut mendorong percepatan digitalisasi dan menciptakan lebih banyak peluang pendapatan bagi jutaan wirausahawan di Indonesia 

Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan kerja sama strategis yang terjalin akan berfokus pada percepatan digitalisasi dan membuka lebih banyak peluang bagi para wirausaha Tanah Air. 

Grab dan EMTK, kata Neneng, juga akan menjajaki peluang bersama untuk investasi dan membimbing perusahaan rintisan Indonesia sehingga makin berkembang. 

“Grab dan EMTK akan menghadirkan layanan yang lebih terjangkau dan lebih baik untuk menawarkan kenyamanan kepada masyarakat Indonesia,” kata Neneng dalam konferensi virtual, Senin (26/7/2021). 

Neneng mengatakan inisiatif pertama yang digagas dalam kerja sama strategis Grab dan EMTK dengan menggelar Festival Kota Mapan, yang digelar pada September 2021 di Solo. Festival tersebut bakal melibatkan lebih dari 1.000 UMKM.  

Mengenai kerja sama yang terjalin, Managing Director PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) Sutanto Hartono mengatakan  EMTK dan Grab akan menggabungkan kekuatan kedua entitas untuk menjalankan dalam mengikut sertakan UMKM ke dalam ekosistem ekonomi digital. 

Keduanya akan membantu UMKM dengan melakukan pemberdayaan, pelatihan, dan pemberian akses terhadap platform digital. 

Dengan penggabungan kemampuan dalam mengelola platform transportasi daring dan layanan pesan antar makanan, dengan platform dagang-el - seperti Bukalapak, Sutanto menjelaskan EMTK akan mampu menyentuh pelaku UMKM secara lebih luas lagi. 

“Berbagai lini usaha kami di industri media juga melibatkan berbagai pelaku usaha kreatif yang juga menjadi bagian dari UMKM, yang tentunya juga menjadi target ekosistem kami,” kata Sutanto.  

Sekadar informasi, salah satu bisnis digital EMTK, Bukalapak, memiliki 13,5 juta mitra UMKM dengan 6,5 juta pelapak daring. Sebaliknya, Grab Indonesia mengeklaim telah merangkul 600.000 UMKM 

Portofolio Emtek Group yang terdiversifikasi mencakup bisnis media di mana SCTV dan Indosiar merupakan dua jaringan televisi free-to-air nasional dengan pangsa pemirsa mencapai lebih dari 26 persen. EMTK juga memiliki platform over-the-top (OTT) Vidio dengan lebih dari 70 juta pengguna dan menempati posisi ke-3 OTT terbesar di Asia Tenggara. 

Sementara Grab menawarkan rangkaian layanan sehari-hari termasuk GrabKios, GrabMart, GrabAssistant, GrabHealth, Insurance, Pulsa, Clean & Fix, dan lain sebagainya. 

Dalam 3 tahun terakhir, mitra pengemudi, mitra merchants, dan mitra agen Grab secara kolektif telah memperoleh pendapatan lebih dari Rp92 triliun  melalui platform Grab.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper