TMI Incar Startup yang Dapat Manfaatkan 5G Telkomsel

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 23 Juli 2021 | 12:05 WIB
Logo Telkomsel Mitra Inovasi, anak usaha PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) di bidang investasi startup./dok. Telkomsel
Logo Telkomsel Mitra Inovasi, anak usaha PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) di bidang investasi startup./dok. Telkomsel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), anak perusahaan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) di bidang investasi startup, tengah mencari perusahaan rintisan yang dapat bersinergi kuat dengan Telkomsel, termasuk ihwal pemanfaatan jaringan 5G

Direktur Utama TMI Marlin R. Siahaan mengatakan dalam berinvestasi ke perusahaan rintisan TMI selalu mengedepankan fungsi sinergi yang terjalin antara unit bisnis perusahaan rintisan dengan unit bisnis Telkomsel. TMI ingin keduanya saling bermanfaat sehingga dapat tumbuh bersama. 

TMI sendiri sejauh ini fokus berinvestasi di lima industri yaitu perdagangan dan periklanan, media dan hiburan, perangkat konektivitas dan perangkat keras, data dan analitik, serta jaringan dan infrastruktur.

Khusus untuk jaringan dan infrastruktur, TMI mengincar perusahaan rintisan yang dapat berkembang dengan jaringan 5G milik Telkomsel. 

“Kami melihat [perusahaan rintisan] yang bisa membantu dari sisi komputasi awan, blockchain, dan hal-hal yang sifatnya terkoneksi dengan 5G Telkomsel, yang baru saja launching dan beberapa teknologi yang ke depan,” kata Marlin kepada Bisnis, Jumat (23/7/2021). 

Marlin mengatakan perusahaan rintisan di bidang jaringan dan infrastruktur tengah berkembang pesat. Sinergi keduanya akan melahirkan sebuah solusi teknologi yang andal dan memberikan manfaat besar bagi Tanah Air. 

Sejak didirikan pada 2019, TMI telah menggelontorkan dana dengan total nilai investasi US$40 juta. Sebanyak 9 perusahaan rintisan yang didanai telah memiliki sinergi yang kuat dengan Telkomsel, beberapa di antaranya adalah Kredivo, Halodoc, Tanihub, dan lain sebagainya. 

Kolaborasi bersama Kredivo dilakukan dalam bentuk skoring kredit dengan memanfaatkan big data Telkomsel.  Kemudian kolaborasi TMI dengan Halodoc dalam menghadirkan bundel paket data layanan kesehatan dan konsultasi telemedicine tanpa biaya selama pandemi Covid-19. Selain itu TMI juga mendorong inovasi untuk mempermudah akses layanan berbasis teknologi kesehatan  bagi masyarakat. 

TMI juga melakukan sinergi bersama Tanihub dalam melakukan skoring kredit dengan memanfaatkan big data Telkomsel untuk memberikan modal usaha bagi petani, serta dalam memberikan solusi internet of things (IoT) bagi petani yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pertanian. 

Dalam membantu perusahaan rintisan tumbuh, kata Marlin, TMI melakukan akselerasi dengan perusahaan rintisan. TMI lihat portofolio perusahaan rintisan, lalu membantu mereka untuk tumbuh dan berkembang lebih cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper