Si Buta dari Gua Hantu Jadi Karakter Baru Lokapala, Ini Jurusnya

Akbar Evandio
Kamis, 22 Juli 2021 | 12:37 WIB
Lokapala merilis karakter baru Si Buta dari Gua Hantu./ Dok. Istimewa
Lokapala merilis karakter baru Si Buta dari Gua Hantu./ Dok. Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Permainan Pertempuran Arena Daring Multi Pemain (Multiplayer Online Battle Arena/MOBA) asal Indonesia, Lokapala resmi merilis karakter Si Buta dari Gua Hantu sebagai salah satu ksatria.

CEO PT Melon Indonesia Dedi Suherman mengatakan perusahaan mengangkat tokoh tersebut sebagai jawaban atas permintaan komunitas pemain gim yang menginginkan adanya karakter asli Tanah Air hadir dalam gim lokal tersebut.

“Banyak permintaan dari komunitas bahwa mereka ingin karakter asli Indonesia masuk ke Gim Lokapala dan kami melihat ini sebagai potensi kerjasama yang apik dengan Bumilangit karena Si Buta dari Gua Hantu ini sendiri juga belum pernah dijadikan sebagai karakter dari gim manapun,” tuturnya dalam diskusi virtual.

Lebih lanjut, dia berharap dengan hadirnya karakter bernama asli Barda Mandrawata itu dapat membuat industri kreatif Indonesia dapat maju bersama-sama menjadi lebih baik dan juga sebagai sarana untuk pengembangan serta penambah khazanah kekayaan intelektual Indonesia ke depan.

“Kerjasama ini tidak terbatas hanya dengan bisnis pengembang gim saja, tetapi terbuka untuk bisnis lain yang ada di Melon Indonesia sebagai Digital Content and Entertainment Company seperti musik dan OTT Video” tuturnya.

Berdasarkan data Global Entertainment & Media Outlook 2021—2025 PricewaterhouseCoopers (PwC), pendapatan video gim dan olahraga elektronik (e-sports) terus meningkat pesat, mencapai US$147,7 miliar pada 2020 dengan CAGR 5,7 persen yang diproyeksikan akan memperluas segmen ini menjadi bisnis senilai US$194,4 miliar pada 2025.

Laporan tersebut juga mencatatkan industri gim ditaksir menjadi pendorong konsumsi data internet yang signifikan dengan menyumbang 6,1 persen dari total konsumsi data internet secara global pada 2025 yang mengalami kenaikan dari 4,7 persen pada 2020.

CEO Anantarupa Ivan Chen  menjelaskan masuknya karakter komik itu pun sudah menjadi bagian dari visi mereka, dengan harapan IP Indonesia semakin berkembang lagi.

“Kehadiran Si Buta dari Gua Hantu ke dalam Lokapala adalah salah satu wujud dari visi kami, semoga dengan ini ekosistem industri IP atau konten di Indonesia semakin berkembang sehingga industri IP lokal dapat menjadi tuan di negeri sendiri,” katanya.

Beralih ke spesifikasi tampilan dan skill (kemampuan), di dalam gim, karakter tersebut memiliki tampilan yang sama seperti digambarkan dalam komik dengan menggunakan jubah berwarna hijau yang merupakan sisik ular raksasa sang penjaga dari Gua Hantu.

Barda memiliki satu kemampuan pasif, yaitu Batu Berbalas Bumi yang bisa terus digunakan tanpa perlu diaktifkan. Monyet Barda, Kliwon, akan berteriak dan memberi tanda kepada Barda meskipun ada lawan yang tidak ada terlihat atau bersembunyi.

Dengan begitu Barda akan selalu mengetahui apakah ada musuh di sekitarnya atau tidak. Dengan melihat suara Barda akan selalu mengetahui posisi musuhnya.

Sementara itu, Si Buta dari Gua Hantu turut memiliki tiga kemampuan aktif. Pertama adalah kemampuan Topeng Monyet yang akan menyuruh Kliwon untuk menyerang ke arah yang ditentukan, memberikan damage 250 (+80 persen AD) dan mengambil senjata lawan tersebut (tidak berlaku pada Minion).

Jurus Si Buta dari Gua Hantu
Jurus Si Buta dari Gua Hantu

Adapun, Lawan yang terkena skill ini tidak bisa menggunakan basic attack selama 2 detik dan terkena efek lambat minus 30 persen selama 2 detik dan membuat lawan tidak dapat menyerang selama beberapa detik, dan sangat cocok saat kalian akan melakukan perang.

Kedua adalah kemampuan Mata Malaikat yang membuat pemain akan berpindah secara langsung ke dekat musuh dan memberikan damage 150 (+80 persen Attack Damage/AD) dan menaikan kecepatan serangan sebesar 30 persen selama 2 detik. Skill ini akan sangat berguna jika kalian gunakan untuk mengejar lawan, ataupun kabur dengan memanfaatkan buff kecepatan yang kalian dapat.

Ketiga adalah Tiga Sekali Tebas yang membuat pemain  bisa menerjang ke depan hingga 3 kali dan melakukan tebasan 200 (+80 persen AD) damage di akhir dan meninggalkan jejak.

Ketika sudah melakukan 3 kali terjangan dan tebasan, jejak tersebut akan terhubung satu sama lain sehingga membentuk segitiga. Setelah segitiga terbentuk, tebasan menyatu ke tengah memberikan damage 600 (+80 persen AD). Jika berhasil membunuh lawan di dalam segitiga akan mengurangi cooldown skill ini sebanyak 80 persen.

Kemampuan terakhir inilah yang bisa menjadi tombak untuk karakter Si Buta dari Gua Hantu menjadi sangat diwaspadai oleh pemain lainnya.

Untuk diketahui, Si Buta dari Gua Hantu merupakan karakter utama dari serial komik silat paling fenomenal yang pertama kali dirilis pada 1967 dan sudah tercetak hingga 500 ribu eksemplar dan telah diangkat menjadi 7 film layar lebar serta 2 serial televisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper