8 Fitur Instagram Terbaru 2021 yang Perlu Kamu Tahu

Feni Freycinetia Fitriani
Kamis, 17 Juni 2021 | 12:08 WIB
Ilustrasi penggunaan fitur-fitur Instagram terbaru 2021/Freepick.com
Ilustrasi penggunaan fitur-fitur Instagram terbaru 2021/Freepick.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Instagram saat ini menjadi salah satu platform media sosial terbesar di dunia, termasuk di Indonesia.

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna, Instagram terkenal dengan kemampuannya menghasilkan tingkat keterlibatan (engagement) tertinggi di antara pengguna.

Selama beberapa tahun terakhir, fitur-fitur di Instagram terus berubah. Meski sempat menghapus beberapa fitur, Instagram terus berinovasi dengan merilis fitur-fitur terbaru agar pengguna tidak pindah ke platform media sosial lain.

Dilansir dari legalreader.com, berikut 8 fitur Instagram terbaru 2021 yang perlu kamu tahu dan coba sendiri:

1. Dasbor Profesional
Pada awal 2021, Instagram memperkenalkan tab baru yang dikenal sebagai Dasbor Profesional (Professional Dashboard). Pikirkan fitur tersebut sebagai dasbor utama Anda untuk mengecek informasi yang Anda perlukan. Di dalam dasbor baru ini, Anda dapat menemukan beberapa sumber daya dan alat utama seperti:

-Promosi
- Kinerja keseluruhan akun Anda
- Wawasan Instagram
- Balasan tersimpan
- Belanja Instagram
- Persetujuan konten

2. Stiker IG Story
Selama beberapa bulan terakhir, Instagram telah memasukkan cukup banyak stiker baru di bagian cerita Instagram atau IG Story. Tujuan utama dari stiker ini adalah untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Terdapat berbagai stiker cerita menarik yang bisa Anda coba, yaitu:

- Stiker donasi
- Stiker pesanan makanan
- Stiker tantangan
- Stiker tetap di rumah
- Stiker DM Saya
- Dukung stiker bisnis kecil
- Stiker kartu hadiah

3. Facebook Shop
Facebook telah mengubah seluruh dunia e-commerce dengan meluncurkan Facebook Shop, yang dapat diakses melalui Instagram dan juga Facebook. Singkatnya, pebisnis dapat mengembangkan katalog yang dapat disesuaikan untuk layanan dan produk mereka di mana pengguna dapat menelusuri, berbagi, menyimpan, dan membelinya.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih produk yang ingin Anda iklankan, lalu menambahkan gambar sampul yang menarik dan tema yang relevan untuk meningkatkan daya tarik.

Pengguna dapat menikmati layanan pelanggan yang luar biasa dalam aplikasi dan Facebook terus memperkenalkan pembaruan baru untuk membuat pengalaman pengguna ini lebih lancar.

4. Mengunggah di Banyak Akun
Fitur ini sangat menghemat waktu Anda, terutama bagi pengguna yang memiliki banyak akun Instagram dan ingin memposting konten dalam waktu bersamaan. Anda perlu mengunggah konten Anda melalui satu akun dan kemudian hanya mengizinkan beberapa opsi untuk mengunggah konten di akun lain.

Namun, jangan lupa bahwa konten yang sama akan diunggah di kedua profil Instagram Anda. Meski demikian, fitur ini sepertinya tidak terlalu populer. Orang biasanya menghindari memposting konten yang sama di dua akun Instagram yang berbeda karena itu akan menurunkan tingkat keterlibatan.

5. IGTV Preview
Salah satu fitur paling populer dari Instagram mendapatkan popularitas besar saat ini adalah video IGTV. Untuk meningkatkan visibilitas video IGTV, Instagram mulai memperlakukannya sebagai postingan Instagram biasa.

Ketika Anda mengunggah video IGTV, video tersebut akan terlihat di preview berita serta profil followers Anda. Namun, ingat bahwa itu akan memutar preview 60 detik yang akan menarik followers. Video IGTV akan membantu Anda mendapatkan followers, tetapi Anda juga dapat membeli pengikut di Instagram untuk meningkatkan kecepatan proses.

6. Dark Mode
Pengguna Instagram telah mengantisipasi mode gelap atau Dark Mode pada aplikasi beberapa waktu lalu. Ini akan membantu mereka menghemat masa pakai baterai ponsel mereka.

Selain itu, Dark Mode juga memiliki tampilan yang lebih menarik. Namun, Anda tidak dapat mengaktifkan mode gelap dari aplikasi Instagram Anda. Anda harus melalui pengaturan umum ponsel Anda untuk mengaktifkan Dark Mode.

7. Organisasi Inbox
Setelah pembaruan (update) diluncurkan, Instagram telah mengubah antarmuka kotak masuk (inbox) dengan membaginya menjadi tab Utama, Umum, dan Permintaan. Utama adalah bagian di mana Anda akan menerima semua pesan dari orang-orang yang mengikuti Anda. Pesan lainnya akan tiba di tab Permintaan dan Anda dapat memindahkannya baik di Utama atau Umum.

8. Saran Unfollow
Anda mungkin memperhatikan bahwa terkadang Anda kehilangan followers. Atau mungkin Anda ingin berhenti mengikuti beberapa akun yang tidak cukup interaktif? Apa pun alasannya, Instagram baru-baru ini memperkenalkan fitur kecil ini yang akan menyarankan orang mana yang harus Anda berhenti ikuti dari akun Instagram Anda.

Anda akan menerima dua opsi: 'paling tidak berinteraksi dengan' dan 'paling banyak ditampilkan di preview'. Orang-orang dengan 'paling tidak berinteraksi dengan' adalah saran Anda untuk segera unfollow.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper