Dikabarkan Milik Asing, CEO Tokopedia Angkat Bicara

Lukman Nur Hakim
Rabu, 16 Juni 2021 | 18:20 WIB
Founder dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya memberikan paparan saat berkunjung ke Wisma Bisnis Indonesia, di Jakarta, Senin (4/6/2018)./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Founder dan CEO Tokopedia William Tanuwijaya memberikan paparan saat berkunjung ke Wisma Bisnis Indonesia, di Jakarta, Senin (4/6/2018)./JIBI-Felix Jody Kinarwan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - CEO Tokopedia William Tanuwijaya menjawab soal kepemilikan perusahaan e-commerce Tokopedia yang dikabarkan bukan lagi milik Indonesia.

William Tanuwijaya angkat suara mengenai kepemilikan saham Tokopedia pada sesi wawancara yang ditayangkan di Podcast Deddy Corbuzier.

Awalnya, Deddy Corbuzer bertanya tentang kepemilikian Tokopedia saat ini. William menyebut jika awal berdirinya memang Tokopedia milik Indonesia 100 persen. Namun, saat ini ada investor asing yang memiliki saham di Tokopedia.

William menjelaskan jika suatu perusahaan teknologi tidak dilihat dari siapa yang memegangsaham paling banyak.

“Kalau di generasi sebelumnya punya 50 atau 60 persen dia berarti yang punya suara 60 persen. Namun, di generasi internet seperti Jack Ma, Steve Jobs dia punya saham mungkin kecil, tapi kendali penuh perusahan tetap dia yang pegang,” ucapnya pada Podcast Deddy Corbuzier, Selasa (15/6/21).

William mengaku saat ini ada dua investor asing raksasa yang menanamkan modalnya di Tokopedia, yaitu Sequioa Capital dan SoftBank, dengan nilai investasi US$100 juta beberapa tahun lalu. Menurutnya, tidak ada satupun pemegang saham di Tokopedia yang memiliki kepemilikan lebih dari 11 persen. William menilai kondisi di Tokopedia saat ini sebenarnya hampir seperti perusahaan terbuka. 

Meskipun banyak investor dari luar negeri yang menjadi pemegang saham, dia tidak mengkhawatirkan hal tersebut. Menurutnya, perusahaan teknologi memiliki keunikan dibandingkan dengan perusahaan konvensional.

Dia mengaku banyak orang membandingkan kepemilikan perusahaan teknologi dengan kontrol. Dia memberi contoh Alibaba diasosiasikan dengan Jack Ma, sang pendirinya. Padahal, Jack Ma kini hanya memiliki 4,8 persen saham Alibaba.

Hal yang sama juga terjadi pada Apple dimana orang mengasosikan perusahaan teknologi asal Amerika Serikat tersebut dengan Steve Jobs. Nyatanya, saham Apple yang dimiliki Steve Jobs kurang dari 1 persen.

"Roh dari perusahaan teknologi, baik masih tertutup atau sudah terbuka, dia [founder] bisa men-structure. Satu saham pendiri punya voting rights yang lebih tinggi. Artinya seperti Jack Ma atau Steve Jobs mungkin sahamnya kecil, tetapi kontrol terhadap perusahaannya besar," jelas William.

Dikutip dari Nikkei Asia pada Senin (24/05/2021), dari sebuah dokumen pengajuan GoTo, saat ini Gojek memiliki sekitar 58 persen saham dari GoTo, sementara Tokopedia memiliki 42 persen saham.

Raksasa telekomunikasi dan investasi SoftBank Group telah mencatatkan diri atas kepemilikan saham tunggal terbesar di GoTo Group sebesar 15,3 persen, diikuti oleh konglomerat e-commerce Alibaba Group Holding sebesar 12,6 persen. Kedua perusahaan tersebut merupakan investor Tokopedia.

Berdasarkan dokumen tersebut, SoftBank dan Alibaba menjadi investor mencatatkan kepemilikan saham dua digit. Angka tersebut melebihi kepemilikan saham lainnya seperti Google dan dana investasi pemerintah Singapura Temasek, dimana keduanya adalah pemegang saham Gojek dan Tokopedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper