Kaspersky Ciptakan Gim Simulasi Bisnis, Bekerja Jadi Spesialis Keamanan

Akbar Evandio
Sabtu, 12 Juni 2021 | 17:31 WIB
Ilustrasi-Kaspersky
Ilustrasi-Kaspersky
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan keamanan global, Kaspersky menciptakan gim simulasi bisnis dalam bentuk realitas virtual (virtual reality/VR) untuk merasakan bekerja sebagai spesialis keamanan informasi.

Head of Kaspersky Academy Denis Barinov mengatakan gim ini memungkinkan pemain berkaca dari pengalaman langsung bagaimana keputusan terkait keamanan siber memengaruhi bisnis.

“Menurut survei Kaspersky terhadap lebih dari 330 perusahaan industri di seluruh dunia, masalah birokrasi, seperti proses persetujuan yang panjang (31%) dan terlalu banyak pembuat keputusan (23%), menjadi beberapa faktor hambatan paling umum untuk memperkenalkan proyek keamanan informasi,” katanya lewat rilisnya, Sabtu (12/6/2021).

Dia melanjutkan, untuk menyampaikan pesan kepada para eksekutif bisnis mengenai potensi implikasi keamanan siber dan membantu mereka lebih memahami topik tersebut, Kaspersky menawarkan gim simulasi bisnis khusus.

“Kami menerjemahkan gim ini ke VR, di mana skenario pembangkit listrik dari permainan menjadi lebih ilustratif, karena mereka [pemain] sekarang benar-benar tenggelam dalam pekerjaan [sebagai] departemen keamanan informasi,” katanya.

Dia menjelaskan, semua peserta permainan dibagi menjadi beberapa tim yang akan memainkan permainan secara paralel. Mereka berperan sebagai karyawan dari departemen keamanan informasi yang berbeda di pembangkit listrik.

Selanjutnya, dengan bantuan kacamata VR, pemain akan dipindahkan ke pusat kendali, di mana mereka dapat melihat anggota tim mereka (dalam bentuk avatar grafis) dan model tanaman. Dari jendela, mereka dapat melihat fasilitas pabrik dan kota yang dialiri listrik oleh perusahaan.

Tugas mereka adalah membuat dan menjalankan strategi keamanan informasi yang membuat pembangkit listrik tetap bekerja dan menghasilkan pendapatan, serta merespons peristiwa keamanan siber yang terjadi dalam gim.

Untuk melakukan ini, pemain harus memilih kartu dengan tindakan proaktif dan reaktif. Misalnya, untuk melakukan audit keamanan, membeli solusi perlindungan titik akhir, atau merilis pernyataan publik jika terjadi kesalahan.

Dengan begitu, para eksekutif bisnis akan mendapatkan pemahaman lebih baik mengenai inisiatif keamanan siber, atau manfaatnya terhadap bisnis mereka dan mempertimbangkan anggaran keamanan siber sebagai sebuah investasi strategis.

“Setelah masa pembatasan sosial, kami memindahkan Kaspersky Interactive Protection Simulation ke dalam format daring. Kaspersky Interactive Protection Simulation adalah bagian dari portofolio Kaspersky Security Awareness, yang menggabungkan teknik pembelajaran modern dengan keahlian perusahaan yang luas dalam keamanan siber,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper