Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Spektakuler, Ini Foto-foto Gerhana Matahari Cincin Api dari Seluruh Dunia

Jutaan orang di seluruh dunia kagum pada pemandangan yang muncul sebagai "cincin api" bercahaya di langit saat malam hari.
Sartika Nuralifah
Sartika Nuralifah - Bisnis.com 11 Juni 2021  |  16:47 WIB
Gerhana matahari di New York
Gerhana matahari di New York

Bisnis.com, JAKARTA -Para pengamat langit yang bersemangat di seluruh dunia dianugerahi gerhana matahari cincin yang spektakuler pada Kamis pagi.

Jutaan orang di seluruh dunia kagum pada pemandangan yang muncul sebagai "cincin api" bercahaya di langit saat malam hari.

Astrofotografer berhenti dalam beberapa pemberhentian untuk menangkap gambar menakjubkan dari fenomena langit yang sepenuhnya terlihat di Kanada, Greenland, Samudra Arktik, dan Siberia. Selain itu, terlihat pula di bagian timur laut Amerika Utara, Greenland, Eropa utara dan Asia utara.

Gerhana matahari total terjadi ketika bulan melintas tepat di antara bumi dan matahari, sehingga menghalangi cahaya matahari sepenuhnya. Selama gerhana matahari cincin, bulan tidak sepenuhnya menutupi matahari saat lewat, dan meninggalkan sebagian sinar matahari yang terlihat. Karena bulan tampak lebih kecil dalam keadaan ini, ia tidak dapat sepenuhnya menghalangi matahari, sehingga membentuk apa yang disebut "cincin api" atau "cincin cahaya".

Ini hanya salah satu dari dua gerhana matahari tahun ini. Gerhana matahari total akan terlihat pada 4 Desember. Berikut hasil tangkapan gerhana matahari “cincin api” dari beberapa astrofotografer di berbagai negara dilansir dari CBS:


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

foto Gerhana Matahari
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top