Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

6 Poin Apple WWDC 2021: iOS 15, iCloud+ hingga Homepod Mini

Berikut 6 poin penting dalam event Apple WWDC 2021, mulai dari iOS15, WatchOS 8, iCloud+, hingga Homepod Mini.
Meuthia Novianthree Nafasya
Meuthia Novianthree Nafasya - Bisnis.com 08 Juni 2021  |  11:19 WIB
Apple WWDC 2021 - PCMag
Apple WWDC 2021 - PCMag

Bisnis.com, JAKARTA - Apple telah menggelar Worldwide Developer Conference (WWDC) 2021. Dalam event tersebut, mereka mengumumkan fitur terbaru yang dapat dinikmati di perangkat Apple pada musim gugur tahun ini.

Apple mengadakan WWDC 2021 pada Senin (7/6/2021) dengan meluncurkan perangkat lunak (software) terbaru untuk iPhone, Mac, dan Apple Watch. Perusahaan raksasa tersebut memamerkan semua yang telah dikerjakan seperti iOS 15 hadir dengan FaceTime dan iMessage yang telah diperbaharui.

Dilansir dari indianexpress.com, berikut rangkuman hasil Apple WWDC 2021:

1. iOS 15
Pembaruan yang ada pada iOS 15 ini mencakup sejumlah peningkatan termasuk FaceTime yang telah diperbaharui dengan jauh lebih baik. FaceTime menyertakan pula Audio Spasial, fitur memotret dengan mengaburkan latar belakang, dan grid view untuk berkomunikasi dengan banyak orang secara bersamaan.

Selain itu, Apple juga menambahkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengirim berupa tautan untuk seseorang menjadwalkan panggilan FaceTime, mirip seperti Zoom. Pengguna juga dapat berbagi layar ataupun musik melalui fitur baru yang disebut ShareTime. FaceTime saat ini dapat digunakan di Android dan Windows melalui browser web.

iMessage juga didesain diperbaharui dan didesain ulang. Platform yang hanya tersedia di Apple ini menyertakan fitur yang dapat mengubah gambar menjadi galeri. Ada pula fitur baru yang disebut dengan "shared with you" pada dasarnya menyimpan sebuah tautan yang dikirim seseorang dan menempatkan semua file pada satu tempat.

iOS 15 mendesain ulang notifikasi berdasarkan aktivitas. Saat ini notifikasi memiliki desain baru pada layar kunci yakni menampilkan tampilan yang lebih jelas. Melalui fitu baru Fokus, pengguna dapat mengatur berbagai jenis preferensi notifikasi berdasarkan status mereka, misalnya sedang mengemudi atau bekerja.

iPhone meningkatkan fitur pada kamera yakni "Live Text" yang secara otomatis dapat mengidentifikasi dan memindai teks dalam foto. Fitur lainnya yang disebut "Memories" menggunakan pembelajaran sistem Artificial Intelegence (AI) untuk mengubah foto ke dalam galeri dan menambahkan musik dari Apple Music.

2. iPadOS 15
iPadOS 15 juga mendapatkan fitur baru, pengguna dapat mengatur ulang aplikasi iPad dengan meletakkan widget di layar dan aplikasi perpustakaan yang diumumkan untuk iOS pada tahun lalu. Apple memperkenalkan antarmuka multitasking baru yang memudahkan pengguna untuk menempatkan dua aplikasi secara berdampingan di layar iPad.

3. Fitur Privasi iCloud+
Apple menambahkan fitur terbaru ke dalam perangkatnya, "tracker-blockers" di aplikasi pesan yang pada dasarnya menyembunyikan alamat IP dan lokasi pengguna. Apple juga menambahkan aplikasi pelaporan pelacak ke pengaturan di mana pengguna dapat melihat seberapa sering aplikasi menggunakan informasi selama tujuh hari terakhir.

4. WatchOS 8
Apple Watch terbaru tidak hanya menyertakan tampilan jam terbaru namun ada beberapa fitur baru seperti kemampuan menulis teks dwngan jari untuk mengirim pesan. watchOS 18 juga menyertakan aplikasi Breathe yang diperbaharui dan mengubah namanya menjadi Mindfulness yang didukung untuk melacak laju pernapasan pengguna ketika tidur.

5. HomePod Mini
Pada akhir tahun ini, pengguna dapat meminta HomePod Mini untuk memutar musik atau film di Apple TV. Pengguna juga dapat menggunakan HomePod Mini sebagai pengeras suara stereo saat terhubung dengan Apple TV.

6. MacOS Monterey
Di WWDC 2021, Apple mengumumkan versi baru dari macOS disebut Monterey yang menghadirkan sejumlah fitur termasuk kemampuan untuk menggunakan mouse dan keyboard yang sama di Mac atau iPad.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gadget apple iphone ios
Editor : Feni Freycinetia Fitriani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top