Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Smartfren Akusisi Moratelindo, Berpeluang Perluas Layanan

Gabungan produk dari kedua perusahaan mengutungkan. Moratelindo akan membantu Smartfren, jika berhasil menggelar jaringan 5G, menjangkau daerah yang tidak dapat disentuh layanan internet rumah Moratelindo.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 31 Mei 2021  |  20:53 WIB
Menara base transceiver station (BTS) PT Smartfren Telecom Tbk. di Kepulauan Anambas. - dok. Smartfren
Menara base transceiver station (BTS) PT Smartfren Telecom Tbk. di Kepulauan Anambas. - dok. Smartfren

Bisnis.com, JAKARTA — Pengamat telekomunikasi menilai kolaborasi antara PT Smartfren Telecom Tbk. (FREN) dan PT Mora Telematika Indonesia (Moratelindo) akan memperluas jangkauan layanan masing-masing perusahaan. Keduanya juga bakal mengeluarkan produk bersama.

Ketua Pusat Studi Kebijakan Industri dan Regulasi Telekomunikasi Indonesia ITB Ian Yosef M. Edward mengatakan tantangan pengembangan usaha strategis antara Smarfren dan Moratelindo adalah perihal komunikasi dan membuat rencana bersama.
Jika komunikasi kedua perusahaan berjalan lancar dan Smartfren sukses menggelar 5G, maka keduanya berpeluang mengeluarkan produk bersama. 

Produk tersebut menurut Ian, akan membantu 5G Smartfren menjangkau daerah-daerah yang tak dapat disentuh oleh layanan internet rumah Moratelindo.

“Belum diketahui konsolidasi antara Smartfren dan Moratelindo tidak diketahui akan seperti apa. Keduanya seharusnya bersama-sama bergerak,” kata Ian, Senin (31/5/2021).

Teknologi 5G yang memiliki kecepatan sama seperti layanan internet tetap rumah, kata Ian, punya keunggulan nirkabel, pergelaran layanan cepat, dan praktis.

Dia memperkirakan gabungan kedua perusahaan akan mengeluarkan sebuah produk yang mengutungkan bagi keduanya.  
“Kemampuan 5G sudah mirip serat optik. Jadi untuk menjangkau pelanggan yang jumlahnya terlalu sedikit dan mahal jika pakai serat optik, bisa menggunakan layanan seluler 5G,” kata Ian.   

Ian menambahkan produk tersebut nantinya akan menggunakan infrastruktur serat optik milik Moratelindo, sementara itu untuk akses ke pelanggannya bakal menggunakan jaringan radio Smartfren.

Sementara itu Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi mengatakan penyertaan saham Smartfren di Moratel bukan isu baru. Secara kasat mata, kata Heru, Moratelindo milik Smartfren

Sebagai anak usaha, Moratelindo bakal fokus pengembangan infratsruktur khususnya serat optik. Ini usaha yang mendukung Smartfren dan bisa juga bisnis terpisah yang menyewakan jaringan pada pihak lain. “Termasuk juga sebagai pilar dari Palapa Ring,” kata Heru.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

smartfren telekomunikasi teknologi 5G moratelindo
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top