Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pendapatan Layanan Legacy Turun, Telkomsel Perkuat Ekosistem Digital

Pendapatan bisnis layanan panggilan suara dan SMS dari operator telekomunikasi juga mendapat tekanan.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 16 Mei 2021  |  19:45 WIB
Ilustrasi wawancara kerja via telepon. - Istimewa
Ilustrasi wawancara kerja via telepon. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) terus memperkuat ekosistem digital yang dimiliki untuk mengantisipasi penurunan pendapatan dari layanan legacy­–layanan suara dan pesan. 

Vice President Corporate Communications Telkomsel Denny Abidin mengatakan bahwa dengan makin tingginya penetrasi layanan data dan hadirnya beragamnya fitur layanan sejenis panggilan suara dan pesan, dari penyelenggara over the top (OTT), terjadi perubahan perilaku di masyarakat dalam beberapa tahun terakhir.

Pendapatan bisnis layanan panggilan suara dan SMS dari operator telekomunikasi juga mendapat tekanan dan mulai mengurangi proporsi dari keseluruhan pendapatan perusahaan, tanpa terkecuali Telkomsel.

Denny mengatakan perseroan sudah sejak lama mengantisipasi hal tersebut. Salah satunya  dengan terus mengembangkan ekosistem digital yang ada saat ini.

“Telkomsel terus mengembangkan ekosistem digital dan menciptakan inisiatif strategis yang diyakini akan mendukung peningkatan layanan dan solusi digital,” katanya kepada Bisnis, Minggu (16/5).

Dia menambahkan komitmen tersebut juga diwujudkan dengan memperkuat tiga pilar digital Telkomsel, yakni sebagai penyedia konektivitas digital, platform digital, dan layanan berbasis digital.

Ketiga pilar tersebut telah diimplementasikan melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia dengan talenta berdedikasi dan mendorong lebih banyak kolaborasi dengan mitra strategis.

“Telkomsel juga terus memperluas portofolio bisnis dengan melakukan strategi investasi yang terencana dan terukur,” kata Denny.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

telkomsel operator telekomunikasi
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top