Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mumi Wanita Hamil Pertama di Dunia Ditemukan

Hor-Djehuti adalah seorang penulis dan pejabat di Medinet Habu di Thebes, Luxor modern. Dia merupakan pendeta dewa Mesir Horus dan Thoth. Para arkeolog memperkirakan pria itu hidup antara paruh kedua abad pertama SM dan paruh pertama abad pertama Masehi.
Desyinta Nuraini
Desyinta Nuraini - Bisnis.com 30 April 2021  |  16:03 WIB
Mumi hamil - istimewa
Mumi hamil - istimewa

Bisnis.com JAKARTA - Arkeolog di Museum Nasional, Warsawa, Polandia menemukan mumi wanita hamil pertama di dunia.

Temuan yang dipublikasi di Journal of Archaeological Science pada 28 April 2021 menyebut awalnya mumi itu dikira seorang pria. Prasasti hieroglif pada sarkofagus mumi menunjukkan bahwa jenazah itu milik pendeta Hor-Djehuti.

Hor-Djehuti adalah seorang penulis dan pejabat di Medinet Habu di Thebes, Luxor modern. Dia merupakan pendeta dewa Mesir Horus dan Thoth. Para arkeolog memperkirakan pria itu hidup antara paruh kedua abad pertama SM dan paruh pertama abad pertama Masehi.

Namun ketika melakukan penelitian lebih lanjut melalui pemindaian sinar-X dan rekonstruksi 3D terungkap bahwa mumi itu adalah seorang wanita.

"Pada gambar sinar-X kami melihat di perut wanita yang meninggal itu sebuah pemandangan yang akrab bagi orang tua dari tiga anak, kaki kecil," tutur Dr Marzena Ozarek -Szilke, seorang arkeolog dari Universitas Warsawa seperti dilansir dari Express UK, Jumat (30/4/2021).

Para ahli telah bayi yang belum jelas jenis kelaminnya itu masih dalam janin sang mumi. Meski tidak pernah terdengar sebelumnya, mumi ini kebetulan masih mengandung jaringan lunak yang telah diawetkan dengan cukup utuh, para peneliti menemukan sejumlah kecil darah di jaringan wanita tersebut.

"Dia berasal dari elit komunitas Theban dan dimumikan dengan hati-hati, dibungkus dengan kain, dan dilengkapi dengan satu set jimat yang kaya," tutur Ozarek-Szilke

Para ahli percaya ini adalah penemuan pertama dari jenisnya. "Pemeriksaan lebih dekat telah mengungkapkan bahwa wanita tersebut meninggal antara usia 20 dan 30 tahun bersama dengan janin di usia antara 26 dan 30 minggu kehamilan, tuturnya.

Para peneliti menemukan rahim wanita itu sangat kaku, yang mungkin mendukung teori kala itu sulit untuk mengeluarkan janin saat pembalseman.  Atau, mada dugaan mungkin itu upaya untuk menyamarkan kehamilan. "Atau mungkin ada hubungannya dengan keyakinan dan kelahiran kembali di akhirat," tambah Ozarek-Szilke

Dr Wojciech Ejsmond dari Akademi Sains Polandia mengatakan ini adalah mumi pertama di dunia yang ditemukan sedang dalam kondisi hamil. "Itulah mengapa mumi ini sangat istimewa," tegasnya.  

Adapun pemeriksaan mumi tersebut merupakan proyek mumi warsawa, upaya kolektif untuk mempelajari mumi di koleksi Museum Nasional. Itu ditemukan pada 1800-an dan diangkut ke ibu kota Polandia pada 1826.

Para ahli sekarang akan mencoba menentukan penyebab kematian wanita tersebut. Namun yang pasti, kehamilan membawa banyak risiko lebih dari 2.000 tahun yang lalu, dan mungkin telah berkontribusi pada kematian wanita tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hamil mumi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top