Fitur Baru Google Assistant Bisa Dipandu Ucapkan Nama Orang dengan Benar

Syaiful Millah
Kamis, 29 April 2021 | 13:50 WIB
Google Assistant/istimewa
Google Assistant/istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan teknologi Google terus melakukan perbaikan terhadap asisten suara miliknya, termasuk mengoreksi pengucapan nama seseorang atau pengguna. 

Dalam postingan blog perusahaan, dikutip Kamis (29/4) Google mengatakan bahwa fitur pembaruan yang memungkinkan pengguna mengajarkan penyebutan nama kepada Google Assistant akan diluncurkan. 

Jadi, jika Google Assistant salah mengucapkan nama pengguna, ada cara baru untuk memperbaikinya. Pengguna nantinya tinggal mengucapkan nama mereka dan Google akan mencoba mempelajarinya. 

Menurut Google, nama sangat penting ketika pengguna ingin mengirim teks atau melakukan panggilan melalui asisten suara. Akan tetapi, fitur itu seringkali salah mengenali kontak yang dimaksud. Oleh itu, perusahaan ingin Assistant lebih akurat mengenali dan mengucapkan nama orang. 

"Mulai beberapa hari ke depan, Anda dapat mengajari Google Assistant untuk melafalkan dan mengenali nama kontak seperti cara Anda mengucapkannya," tulis perusahaan. 

Untuk akses awal, perusahaan mengemukakan bahwa fitur ini akan tersedia dalam bahasa Inggris terlebih dahulu. Akan tetapi, mereka berkomitmen untuk mengembangkannya ke lebih banyak bahasa di masa mendatang. 

Selain fitur itu, Google juga menambahkan lebih banyak kesadaran kontekstual terkait pengatur waktu, menggunakan teknologi pemahaman bahasa yang dikenal sebagai BERT. 

Secara praktis, ini akan membuka semua jenis fungsi termasuk untuk membatalkan pengaturan waktu tertentu, penambahan waktu alarm, dan lain sebagainya. Google mengatakan bahwa percakapan yang lebih alami akan segera hadir ke lebih banyak area di Google Assistant. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper