Putusnya VPN Internet di China Saat Sutradara Nomadland jadi Terbaik Oscar 2021

Newswire
Senin, 26 April 2021 | 12:40 WIB
Sutradara oscar terbaik 2021  Chloe Zhao dalam film Nomadland./Antaranews
Sutradara oscar terbaik 2021 Chloe Zhao dalam film Nomadland./Antaranews
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Panitia Oscar menetapkan Nomadland sebagai film terbaik 2021. Film yang sama juga menyabet penghargaan sutradara terbaik. 

Bertindak sebagai sutradara dalam film ini adalah Chloe Zhao. Zhao adalah sutradara kelahiran China yang menjadi perempuan Asia pertama peraih kategori sutradara terbaik dalam sejarah 93 tahun Academy Award atau Piala Oscar.

Namun kemenangan Nomadland tidak bisa disaksikan langsung di China. Acara nonton bareng yang digelar almamater Chloe Zhao di China terhambat lantaran akses virtual private network (VPN) diblokir hampir dua jam.

Dilansir Antara, Senin (26/4/2021), sekitar 30 orang berkumpul di bar kecil The Bund, Shanghai, pukul 8 pagi waktu setempat. Para teman sekolahnya ini datang untuk mendukung Zhao dengan nonton bersama lewat YouTube. Tapi acara yang diadakan alumni New York University baru bisa dimulai dua jam kemudian karena penyelenggara harus mengatasi layanan VPN bisa dipakai.

"Mereka memblokir VPN," kata Ke yang menambahkan akun WeChat miliknya diblokir setelah dia menulis unggahan yang memuji Zhao.

Banyak aplikasi Barat seperti YouTube tidak bisa diakses di China di mana internet lokal betul-betul diawasi dan banyak konten disensor.

Sementara itu, Nomadland yang memenangkan film Oscar 2021 merupakan kisah berlatar era resesi. Film ini menceritakan tentang komunitas penghuni van di Amerika Barat.

Film yang dibintangi Frances McDormand -yang juga menyabet aktris terbaik Oscar 2021 melalui film Nomadland- sebagai janda dari kota Nevada yang mengubah mobil van jadi rumah berjalan dan berkelana mencari pekerjaan dan berteman seiring perjalanan berlangsung.

Nomadland sendiri sudah dijagokan menang di malam bergengsi Hollywood. Apalagi film ini memang sudah mendominasi penghargaan-penghargaan di ajang sejenis.

Nomadland diangkat dari buku nonfiksi 2017 karya Jessica Bruder dan menampilkan nomad asli sebagai pemeran pendukung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper