Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Spotify Bakal Luncurkan Opsi Langganan Podcast

Patreon, Pocket Casts, Stitcher, dan Amazon Wondery telah menawarkan podcast berbayar sebelumnya.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 25 April 2021  |  14:52 WIB
Terdapat lebih dari 30 juta episode di seluruh dunia dengan lebih dari 20 persen pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast setiap bulan, lebih tinggi dari rata-rata global.  - Spotify
Terdapat lebih dari 30 juta episode di seluruh dunia dengan lebih dari 20 persen pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast setiap bulan, lebih tinggi dari rata-rata global. - Spotify

Bisnis.com, JAKARTA – Apple mungkin bukan satu-satunya raksasa teknologi dengan langganan podcast berbayar dalam waktu dekat. Sumber Wall Street Journal melaporkan Spotify akan merilis sistem podcast berbayarnya sendiri pada minggu depan.

Dikutip dari Antara, Minggu (25/4/2021), tidak seperti rivalnya, Spotify tidak akan memungut biaya atau memotong setiap keanggotaan. Pembuat podcast (podcasters) disebut dapat menetapkan harga mereka sendiri.

Sebaliknya, Apple akan mempertahankan hingga 30 persen dari biaya langganan podcast di bawah programnya, yang diluncurkan bulan depan. Sebagian besar platform termasuk YouTube, Twitch, Facebook dan Patreon, juga memotong biaya langganan atau pembayaran dari penggemar atau pendengar.

Perusahaan belum mengkonfirmasi rencana tersebut, tetapi kepala konten dan bisnis iklan Dawn Ostroff mengatakan ada ruang untuk semua orang di Spotify.

Di sisi lain, Patreon, Pocket Casts, Stitcher, dan Amazon Wondery telah menawarkan podcast berbayar sebelumnya. Apple dan Spotify dapat dengan cepat menyudutkan pasar melalui pengaruh yang kuat, asalkan ada cukup minat untuk membayar konten podcast.

Meskipun tidak disengaja, rencana Spotify ini menunjukkan betapa sengitnya persaingan dengan Apple di podcast. Keduanya melihat ini sebagai kesempatan untuk memperluas layanan mereka dan mendominasi budaya pop dengan acara eksklusif.

Bagi Apple, ada juga keharusan simbolis untuk menang mengingat genre podcast berutang namanya ke iPod dan perusahaan tidak ingin kehilangan pengaruh dalam format yang diinspirasinya.

Mengutip Variety, saat ini Spotify tidak mengizinkan pelanggan membayar biaya langganannya melalui pembelian dalam aplikasi Apple dan Spotify telah menjadi kritikus yang sangat vokal terhadap kebijakan App Store Apple, termasuk mengajukan keluhan resmi ke Uni Eropa dengan tuduhan anti persaingan.

Spotify mengatakan akan menguji langganan berbayar bagi podcaster untuk memungkinkan mereka menawarkan konten eksklusif kepada pelanggan. Hal itu diumumkan secara resmi selama acara "Stream On" pada Februari lalu.

Sehubungan dengan peluncuran langganan podcast Spotify, Facebook berencana meluncurkan versi terintegrasi dari pemutar audio Spotify - sebuah proyek yang disebut "Project Boombox" - mulai minggu depan untuk memberikan akses ke lagu dan podcast langsung di dalam aplikasi Facebook.

Di sisi lain, Apple Podcasts Subscriptions, seperti halnya di bawah kebijakan App Store yang ada, akan menahan 30 persen dari biaya langganan podcast di tahun pertama dan 15 persen di tahun-tahun berikutnya.

Selain itu, kreator harus membayar US$19,99 (sekitar Rp290.000) per tahun untuk mendapatkan akses ke Program Apple Podcasters, yang mencakup alat yang diperlukan untuk menawarkan langganan premium di Apple Podcasts. Penetapan harga ditetapkan oleh kreator dan ditagih setiap bulan secara default.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

apple Spotify podcast

Sumber : Antara

Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top