Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Google Doogle Rayakan Earth Day, Ini Sejarah Peringatan Hari Bumi

Tema Hari Bumi 2021 berfokus pada proses alam dan teknologi hijau yang sedang berkembang.
Hanafi Nurmahdi
Hanafi Nurmahdi - Bisnis.com 22 April 2021  |  10:15 WIB
Hari Bumi yang dirayakan tiap tanggal 22 April. - tangkapan layar
Hari Bumi yang dirayakan tiap tanggal 22 April. - tangkapan layar

Bisnis.com, JAKARTA - 22 April 2021 bertepatan dengan memperingati Hari Bumi Sedunia (Earth Day). Tema Hari Bumi untuk tahun 2021 adalah 'Restore Our Earth' atau Pulihkan Bumi Kita.

Hari Bumi atau Earth Day adalah acara tahunan yang dirayakan di seluruh dunia pada 22 April untuk menunjukkan dukungan bagi perlindungan lingkungan. Hari Bumi dirancang untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali makhluk hidup, termasuk manusia.

Awalnya Hari Bumi dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 seorang pengajar lingkungan hidup. Sejarah Hari Bumi dimulai pada tahun 1960 an hingga 1970-an dimana pada saat itu Amerika Serikat sedang mengalami gejolak ekonomi dan politik.

Kini Hari Bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network). Lebih dari 1 miliar orang di 192 negara sekarang berpartisipasi dalam kegiatan Hari Bumi setiap tahun. Hari Bumi dijadikan peringatan sipil terbesar di dunia.

Seperti yang dikutip dari laman earthday.org tema Hari Bumi tahun ini berfokus pada proses alam, teknologi hijau yang sedang berkembang, dan pemikiran inovatif yang dapat memulihkan ekosistem dunia.

Earth Day juga menulis, Hari Bumi menandai hari lahir gerakan lingkungan modern pada tahun 1970. “Hari Bumi pada 1970 lalu menyuarakan kesadaran publik yang muncul tentang keadaan planet kita,” tulis Earth Day di laman resminya.

Bentuk partisipasi masyarakat dalam memperingati Hari Bumi bisa dengan menjaga kelestarian alam dan ikut berkontribusi dalam merestorasi daerah-daerah yang telah terdegradasi contohnya seperti ikut menanam pohon.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bumi hari bumi
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top