Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Fitur Google Chrome yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Berikut ini adalah beberapa fitur tersembunyi yang bisa sangat membantu pengguna melakukan kegiatan, tetapi mungkin belum banyak diketahui.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 12 April 2021  |  18:27 WIB
Pengguna Chrome sebenarnya sudah dapat memblokir sendiri sejumlah iklan yang menyedot banyak daya berkat fitur
Pengguna Chrome sebenarnya sudah dapat memblokir sendiri sejumlah iklan yang menyedot banyak daya berkat fitur "Heavy Ad Intervention" yang dirilis Google untuk Chrome 80 pada awal tahun ini. - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA - Google Chrome masih menjadi salah satu browser internet paling populer di dunia karena kemudahan pengguna dan fitur menarik yang ditawarkan. 

Dilansir Gadgets Now, Senin (12/4) berikut ini adalah beberapa fitur tersembunyi yang bisa sangat membantu pengguna melakukan kegiatan, tetapi mungkin belum banyak diketahui. 

1. Memutar audio dan video langsung di Chrome 

Tahukah Anda bahwa Chrome dapat memutar fail audio atau video secara langsung. Yang perlu dilakukan hanya menyeret fail ke tab baru. Ini adalah pemutar media yang sangat dasar tapi tetap layak digunakan. 

2. Pemindai malware internal 

Bagi Anda yang tidak tahu, Chrome memiliki fitur pemindai malware intenal. Cukup buka Pengaturan dan opsi Lanjuta. Di sini Anda dapat memilih Setel Ulang dan bersihkan yang akan memindai komputer, melaporkan kejanggalan, dan membersihkannya. 

3. Mode tamu untuk menjaga kerahasiaan data 

Bagi Anda yang mungkin tidak nyaman berbagi pencarian internet dengan orang lain, Chrome memiliki mode Tamu (guest). Pengguna tinggal mengklik avatar akun Google dan pilih mode tersebut. 

4. Gunakan reader mode untuk membaca 

Jika Anda ingin membaca sesuatu artikel dan tidak ingin ada gambar atau iklan, aktifkanlah mode baca atau reader mode. Caranya buka tab baru dan ketik chrome://flags/#enablee-reader-mode dan aktifkan opsinya. Setelah itu, Chrome akan mengubah opsi pada halaman yang kompatibel. 

5. Gunakan tab yang sama di ponsel atau tablet 

Anda dapat membuka tab yang sama yang terbuka di komputer dengan di tablet atau smartphone. Tinggal klik kanan pada URL dan pilih 'Sent to your Devices Option'. Perlu diperhatikan bahwa Chrome juga harus diapsang di perangkat lain dengan akun Google yang sama. 

6. Simpan tab saat Chrome dimatikan 

Ada kalanya pengguna harus mematikan Chrome tapi tidak ingin kehilangan tab yang telah dibukanya. Caranya, buka menu pengaturan dan pilih opsi Continue pada pilihan opsi On Start. Dengan begitu, Anda akan kembali ke tab terakhir tiap kali membuka browser. 

7. Mengelompokkan tab 

Google memiliki fitur untuk pengelompokan tab di Chrome yang membuatnya lebih mudah untuk mengatur tab. Anda dapat menambahkan label atau kode warna untuk pengelompokan tersebut. Caranya tingkal klik kanan pada tab dan pilih opsi Add to New Group. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

chromebook aplikasi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top