Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menperin Ingin Banyak Startup Baru Lahir Tahun Ini

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita berharap startup banyak lahir pada tahun ini seiring dengan akselerasi digital di Indonesia.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 01 April 2021  |  21:02 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.  - Kementerian Perindustrian
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita. - Kementerian Perindustrian

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita berharap lahirnya banyak perusahaan rintisan baru di Tanah Air pada tahun ini untuk mengakselerasi transformasi teknologi.

“Saat ini kita berada di era dimana digitalisasi terakselerasi dengan cepat oleh karena itu pelaku industri harus mulai bertransformasi dengan mengadopsi teknologi. Startup [juga] dapat menjadi salah satu solusi untuk membantu transformasi teknologi industri”, katanya melalui seminar daring, Kamis (1/4/2021).

Menurutnya, salah satu program pemerintah yaitu Startup4industry telah mengantarkan startup menuju kancah internasional. Sebab, sebanyak 23 peserta dalam program tersebut akan tampil di pameran teknologi Hannover Messe 2021.

“Sejak 2018 program ini telah mencetak 514 startup, di mana pada 2018 terdapat 130 perusahaan yang ada di program ini dan meningkat sebanyak 90 perusahaan pada 2019 serta 294 startup pada tahun sebelumnya,” katanya.

Selain itu, dia melanjutkan terdapat sejumlah pencapaian lain, di antaranya terdapat 15 proyek implementasi yang dikerjakan startup di industri kecil dan menengah (IKM), 49 IKM memakai solusi teknologi dari startup, serta 23 peserta Startup4industry berhasil lolos seleksi untuk tampil di Hannover Messe 2021.

Menurutnya, salah satu dampak pandemi antara lain meningkatnya digitalisasi, e commerce, dan trend otomatisasi.

"Melihat kondisi tersebut kami menargetkan startup dapat menjadi enabler untuk mendorong industrialisasi sehingga ini menjadi sebuah gerakan bersama untuk mewujudkan Making Indonesia 4.0,” kata Agus.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top