Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MediaTek Pimpin Pasar Chipset Smartphone pada 2020

Laporan terbaru dari Omdia, analis independen di bidang telekomunikasi, media, dan teknologi - menyatakan pengiriman chipset MediaTek tumbuh 48 persen pada tahun lalu.
Syaiful Millah
Syaiful Millah - Bisnis.com 30 Maret 2021  |  18:02 WIB
MediaTek - Istimewa
MediaTek - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Produsen semikonduktor MediaTek secara mengejutkan berhasil menggulingkan Qualcomm sebagai vendor chipset ponsel pintar dengan pangsa pasar terbesar sepanjang tahun lalu. 

Laporan terbaru dari Omdia, analis independen di bidang telekomunikasi, media, dan teknologi - menyatakan pengiriman chipset MediaTek tumbuh 48 persen pada tahun lalu. 

Pertumbuhan signifikan itu mencatatkan pengiriman produk semikonduktor untuk smartphone mencapai 352 juta unit. Dengan angka ini, perusahaan berhasil menguasai sekitar 27 persen pasar global. 

Di sisi lain, Qualcomm mengalami penurunan pengiriman sebesar 18 persen secara tahunan, dengan hanya mengirimkan sekitar 319 juta unit prosesor seri Snapdragon pada 2020 atau sekitar 25 persen pangsa pasar. 

Laporan Omdia mencatat MediaTek tampaknya paling banyak diuntungkan dari sanksi yang diberlakukan oleh Amerika Serikat terhadap Huawei, yang melarang raksasa China menggunakan chipset Qualcomm di perangkatnya. 

Mengingat Huawei adalah salah satu vendor ponsel pintar terkemuka secara global, larangan tersebut mengakibatkan kehilangan bisnis yang melanda Qualcomm serta vendor lain secara signifikan. 

Adapun, Xiaomi adalah merek yang paling banyak menggunakan chip dari MediaTek pada tahun lalu. Lini bisnis smartphone Xiaomi diperkirakan mengirim 63,7 juta ponsel yang didukung prosesor MediaTek sepanjang tahun lalu. 

Selain itu, perusahaan juga memenangkan pasar dalam kategori smartphone entry level atau harga rendah dan menengah, sembari terus mengembangkan prosesor kelas atasnya. 

MediaTek sejauh ini telah menambahkan dukungan untuk konektivitas 5G pada penawarannya dalam seri Dimensity. Perusahaan tidak hanya menyuplai chip untuk smartphone, mereka juga vendor ternama untuk chip pada produk televisi pintar atau smart TV. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

huawei mediatek
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top