Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tren Aplikasi Super, Penggunaan Cloud Bisa Tumbuh hingga 20 Persen

Saat ini banyak pemain startup dan perbankan mengambangkan aplikasi super mereka masing-masing.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 25 Maret 2021  |  22:22 WIB
Ilustrasi cloud computing. - bisnis
Ilustrasi cloud computing. - bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Tren menghadirkan aplikasi super (superapp) oleh perusahaan rintisan dan perbankan dinilai meningkatkan kebutuhan infrastruktur komputasi awan sekitar 10—20 persen.

Ketua Asosiasi Cloud dan Hosting Indonesia (ACHI) Rendy Maulana Akbar mengatakan maraknya startup  yang meningkatkan varian layanannya dapat menjadi pangsa pasar yang besar akan bisnis data sehingga selaras dengan kebutuhan komputasi awan.

“Mulainya startup dan perbankan mengembangkan superapp bisa menjadi calon potensial pengguna awan, tinggal nanti terbagi kuenya antara pemain asing dan lokal,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Kamis (25/3/2021).

Lebih lanjut, dia mengatakan peluang peningkatan permintaan bagi pemain awan lokal tidak terlalu besar dibandingkan pemain asing. Sebab, banyak pemain tentunya mencari yang gratis.

“Mereka [startup dan perbankan] tentunya memilih asing karena selain gratis pelayanannya juga memenuhi ekspektasi, pemain asing gencar sekali memberikan free credit, tetapi nantinya membuat startup terjebak dengan platform lock-in," katanya.

Untuk diketahui, cloud lock-in terjadi ketika transisi data, produk, atau layanan ke platform vendor lain sulit dan mahal sehingga membuat pelanggan lebih bergantung (terkunci) pada satu penyimpanan awan.

Saat ini banyak pemain startup mengambangkan aplikasi super mereka masing-masing. Contohnya, KoinWorks memiliki KoinP2P, KoinRobo, KoinBisnis, dan KoinInvoice. Kemudian, Bukalapak turut mengembangkan banyak layanan seperti pencarian hunian, konsultasi hukum, fintech, hingga Agen Penjual Raksa Dana (APERD).

Sementara itu, perbankan juga ikut andil masuk ke pasar aplikasi super. Salah satunya, Bank Mandiri yang mempersiapkan superapp mereka melalui Livin’ by Mandiri.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cloud computing StartUp
Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top