Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Perkuat Kemandirian Teknologi, Luhut Yakin Banyak Orang Pintar di Negeri Ini

Menko Luhut yakin Indonesia memiliki kapasitas untuk mengembangkan kemandirian teknologi dengan sumber daya manusia yang ada.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 10 Maret 2021  |  09:55 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan - Istimewa
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) memperkuat kemandirian teknologi dalam mengimplementasikan berbagai program prioritas nasional, seperti food estate.

Menurut Luhut, inovasi ini bisa dilakukan dengan kerja sama berbagai pihak. Dia yakin Indonesia memiliki kapasitas untuk mengembangkan kemandirian teknologi dengan sumber daya manusia yang ada.

“Banyak orang pintar di negeri ini sehingga kita harus bekerja sama dan bekerja dengan hati untuk negeri tercinta,” ujar Luhut dalam keterangannya, Selasa, 9 Maret 2021.

Luhut mengatakan BPPT harus melakukan reverse engineering atau rekayasa balik pada teknologi kemaritiman dan transformasi digital untuk mendorong munculnya pelbagai inovasi. Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, kata Luhut, BPPT bisa menjadi otak pemulihan ekonomi dengan berbagai pengembangan di bidang teknologi.

Luhut mencontohkan saat ini telah dikembangkan berbagai produk teknologi dalam negeri seperti alat mesin pertanian (alsintan), refused-derived fuel (RDF) untuk mengolah sampah, dan teknologi implementasi aspal plastik. Berbagai teknologi ini akan terus dikembangkan.

Dia memastikan Kementerian akan mendukung pengembangan teknologi dari sisi hukum dan pendanaan yang dibutuhkan. “Sehingga dapat menciptakan ekosistem pertumbuhan ekonomi berbasis inovasi dan teknologi maju,” tutur Luhut.

Menurut Luhut, kemandirian teknologi telah terwujud untuk penanganan pandemi Covid-19 yang telah berlangsung selama setahun. Ia meyakini penanganan Covid-19 ini bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi ke arah positif di kisaran 4-5 persen tahun ini.

Namun pemulihan ekonomi ini, kata Luhut, harus didukung dengan pemanfaatan produk lokal. Luhut meyakini, bila dikembangkan, produk dalam negeri akan memiliki daya saing lebih dibandingkan produk impor.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi bppt Luhut Pandjaitan

Sumber : Tempo

Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top