Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Fakta Bulan yang Mengejutkan

Setiap tahun, bulan mencuri sebagian energi rotasi Bumi, dan menggunakannya untuk mendorong dirinya menjauh dari bumi.
Novita Sari Simamora
Novita Sari Simamora - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  16:19 WIB
Fakta tentang bulan yang mengejutkan adalah bulan setiap tahun mencuri sedikit energi dari bumi untuk menjauh dari bumi. - Space
Fakta tentang bulan yang mengejutkan adalah bulan setiap tahun mencuri sedikit energi dari bumi untuk menjauh dari bumi. - Space

Bisnis.com, JAKARTA - Bulan  adalah benda langit yang paling dekat dengan bumi. Benda langit ini juga dapat terlihat sangat jelas dengan mata telanjang dari bumi.

Berikut 10 fakta keren yang terkadang mengejutkan tentang bulan yang menjadi tetangga terdekat Bumi:

1.Asal bulan

Bulan tercipta ketika sebuah batu seukuran Mars menghantam Bumi, tak lama setelah tata surya mulai terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun lalu.

2. Bulan terkunci di orbit

Mungkin hal paling keren tentang bulan adalah bulan selalu menunjukkan permukaan 'wajah' yang sama kepada kita. Karena Bumi dan bulan berotasi dan mengorbit, bagaimana ini bisa terjadi?

Dahulu kala, efek gravitasi bumi memperlambat rotasi bulan di sekitar porosnya. Setelah rotasi bulan cukup melambat agar sesuai dengan periode orbitnya (waktu yang dibutuhkan bulan untuk mengelilingi bumi), efeknya menjadi stabil. Banyak bulan di sekitar planet lain berperilaku serupa.

Bagaimana dengan fase? Begini cara kerjanya: Saat bulan mengorbit Bumi, ia menghabiskan sebagian waktunya di antara kita dan Matahari, dan separuh cahaya menjauh dari kita. Ini disebut bulan baru. (Jadi tidak ada yang namanya "sisi gelap bulan", hanya sisi yang tidak pernah kita lihat.)

Saat bulan berputar di orbitnya, sepotong tipis sinar matahari yang dipantulkan terlihat di Bumi sebagai bulan sabit. Begitu Bulan berada di seberang Matahari, ia menjadi terang benderang di pandangan kita - bulan purnama.

3. Bulan... pohon?

Lebih dari 400 pohon di Bumi berasal dari bulan. Baiklah: Mereka datang dari orbit bulan. Kebenarannya adalah pada 1971, astronot Apollo 14 Stuart Roosa membawa seikat benih bersamanya, sementara Alan Shepard dan Edgar Mitchell sibuk berjalan-jalan di permukaan, Roosa menjaga benihnya.

Lalu, benih itu dibawa kembali ke bumi dan ditanam di berbagai tempat di seluruh negeri, dan kemudian disebut pohon bulan. Kondisi pohon-pohon tersebut baik-baik saja.

fakta tentang bulan

4. Suster bulan bumi

Bulan adalah satu-satunya satelit alami Bumi. Baik? Mungkin tidak. Pada tahun 1999, para ilmuwan menemukan bahwa asteroid selebar 3 mil (5 kilometer) mungkin terjebak dalam cengkeraman gravitasi bumi, sehingga menjadi satelit planet kita.

5. Batu luar angkasa

Permukaan bulan yang memiliki banyak kawah adalah hasil dari pukulan hebat batuan antariksa antara 4,1 miliar dan 3,8 miliar tahun yang lalu. Bekas luka perang ini, yang terlihat sebagai kawah, tidak banyak terkikis karena dua alasan utama.

Bulan tidak terlalu aktif secara geologis, jadi gempa bumi, gunung berapi, dan pembangunan gunung tidak merusak lanskap seperti yang terjadi di Bumi; dan dengan hampir tidak ada atmosfer, tidak ada angin atau hujan, sehingga sangat sedikit erosi permukaan yang terjadi.

6. Bulan adalah berbentuk seperti telur

Bulan tidak bulat. Bulan berbentuk seperti telur. Jika Anda pergi keluar dan melihat ke atas, salah satu ujung kecilnya mengarah tepat ke Anda. Dan pusat massa bulan tidak berada di pusat geometris satelit; itu sekitar 1,2 mil (2 kilometer) dari pusat.

7. Bulan Bergetar atau gempa bulan

Astronot Apollo menggunakan seismometer selama kunjungan mereka ke bulan dan menemukan bahwa bola abu-abu bukanlah tempat yang benar-benar mati, secara geologis. Gempa bulan kecil, yang terjadi beberapa mil (kilometer) di bawah permukaan, diperkirakan disebabkan oleh tarikan gravitasi Bumi. Terkadang retakan kecil muncul di permukaan, dan gas keluar.

Para ilmuwan mengatakan mereka mengira bulan mungkin memiliki inti yang panas dan mungkin sebagian cair, seperti inti Bumi. Tetapi data dari pesawat ruang angkasa NASA Lunar Prospector menunjukkan pada 1999 bahwa inti bulan itu kecil - mungkin antara 2 persen dan 4 persen massanya. Ini kecil dibandingkan dengan Bumi, di mana inti besinya membentuk sekitar 30 persen massa planet.

fakta bulan yang mengejutkan

8. Asal mula gelombang laut di bumi

Pasang surut di Bumi sebagian besar disebabkan oleh bulan. Gravitasi bulan menarik lautan bumi. Gelombang laut tinggi sejajar dengan Bulan saat Bumi berputar di bawahnya.

Ketika bulan berada paling dekat dengan Bumi, maka air pasang lebih tinggi lagi. Semua tarikan ini memiliki efek menarik lainnya: Beberapa energi rotasi bumi dicuri oleh bulan, menyebabkan planet kita melambat sekitar 1,5 milidetik setiap abad.

9. Apakah Bulan adalah Planet?

Bulan kita lebih besar dari Pluto. Dan kira-kira seperempat diameter Bumi, beberapa ilmuwan mengira bulan lebih seperti planet. Mereka menyebut sistem Bumi-bulan sebagai "planet ganda". Pluto dan bulannya Charon juga disebut sistem planet ganda oleh beberapa orang.

10. Suatu Hari, bulan akan pergi

Saat Anda membaca ini, bulan menjauh dari kita. Setiap tahun, bulan mencuri sebagian energi rotasi Bumi, dan menggunakannya untuk mendorong dirinya sendiri sekitar 3,8 sentimeter lebih tinggi di orbitnya.

Para peneliti mengatakan bahwa ketika terbentuk, bulan berada sekitar 14.000 mil (22.530 kilometer) dari Bumi. Sekarang jaraknya rata-rata 239.000 mil, atau 385.000 kilometer jauhnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bumi bulan
Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top