Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MPL Optimistis Esport dan Mobile Gaming di Indonesia Terus Berkembang

Dalam beberapa bulan terakhir terutama sejak diluncurkannya brand campaign di beberapa saluran TV - user based MPL berkembang sebesar 85%.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  14:32 WIB
Ilustrasi ESports - Reuters/Sergio Perez
Ilustrasi ESports - Reuters/Sergio Perez

Bisnis.com, JAKARTA - Mobile Premier League (MPL), platform esports dan mobile gaming terbesar di Asia baru saja berhasil menggalang pendanaan Seri D senilai USD 95 juta yang dipimpin oleh Composite Capital dan Moore Strategic Ventures.

Pendanaan baru ini akan digunakan MPL Indonesia untuk membangun brand awareness secara agresif mengingat platform kami masih cukup baru di industri gaming di Indonesia.

"Kami juga ingin mengedukasi pasar mengenai keunikan proposisi kami dimana memungkinkan game menjadi kegiatan yang produktif dan bagaimana pemain kami dapat berkompetisi secara sportif dalam bermain game dan mendapatkan hadiah. Harapan kami MPL dapat berkontribusi lebih banyak lagi dalam mengembangkan ekosistem e-sport di Indonesia,” jelas Ridzki Syahputera, Country Head, MPL Indonesia dalam keterangan tertulisnya.

Beberapa tahun terakhir ini mobile gaming dan e-sport berkembang pesat di Indonesia. Menurut Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabinet Indonesia Maju, e-sport di Indonesia terus berkembang dan bertumbuh dengan angka mencapai Rp 13 triliun, sementara populasi pengguna online mencapai 52,6 juta orang dan jumlah gamers mencapai 34 juta pemain.

Besarnya peningkatan ini juga berdampak pada platform gaming berbasis skill seperti MPL yang kini memiliki kurang lebih 3,5 juta pemain di Indonesia.

Ridzki Syahputera mengatakan, seperti seorang atlet olahraga pada umumnya, atlet e-sport juga perlu berlatih secara rutin dan mengikuti ajang kompetisi untuk menguji perkembangan kemampuan mereka. Sekarang kesempatan menjadi atlet e-sport semakin terbuka melalui MPL.

Semua dapat dilakukan di dalam platform MPL, dari mulai memilih game yang mereka minati dan berlatih untuk mengasah ketangkasan secara rutin. Pemain juga dapat mengikuti turnamen secara lebih mudah, dari mulai registrasi, kompetisi, hingga penerimaan hadiah setelah turnamen berakhir dapat dilakukan di satu platform MPL.

Platform MPL menyelenggarakan sebanyak 1.400 turnamen setiap harinya, seperti Master Skor, Dua Pilar dan Makin Jago.

“Dalam beberapa bulan terakhir terutama sejak diluncurkannya brand campaign di beberapa saluran TV - user based MPL berkembang sebesar 85%. Melihat antusiasme ini kedepannya kami memiliki harapan untuk meningkatkan sinergi dengan Local Games Developer dan terus mengedukasi masyarakat mengenai e-sport sebagai salah satu upaya untuk memajukan ekonomi kreatif di Indonesia,” pungkas Ridzki.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

game esports
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top