Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Cara Startup Edutech Tambah Pengguna hingga 30 Persen

Ekonom menjelaskan cara startup edutech bisa menambah jumlah penggunanya hingga 30 persen untuk meningkatkan pangsa pasar.
Akbar Evandio
Akbar Evandio - Bisnis.com 24 Februari 2021  |  22:35 WIB
Ilustrasi startup. - olpreneur.com
Ilustrasi startup. - olpreneur.com

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan rintisan berbasis pendidikan (startup edutech) berpotensi menambah jumlah pengguna sebanyak 25—30 persen bila turut mengincar guru sebagai pangsa pasarnya.

Ekonom ekonomi digital Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Nailul Huda mengatakan potensi tersebut juga masih terfokus di pulau Jawa sehingga ada peluang lebih besar untuk edutech, bila menggarap pasar tersebut.

Sekadar catatan, Samsung Electronics Indonesia pn melalui program Samsung Innovation Campus (SIC) melihat saat ini jumlah guru terampil, khususnya di bidang digital di Indonesia hanya mencapai 35 persen.

“Adanya pandemi ternyata mengakselerasi dari penggunaan edutech lebih kencang. Layanan edutech menjadi komplementer sistem pembelajaran jarak jauh yang sudah diterapkan di tengah pandemi,” ujarnya saat dihubungi Bisnis.com, Rabu (24/2/2021).

Huda pun mengamini peningkatan keterampilan guru selaras dengan kebutuhan talenta digital yang dibutuhkan Indonesia.

Berdasarkan riset Amazon Web Services, Inc. (AWS) dan firma konsultan bidang strategi dan ekonomi, AlphaBeta mencatatkan hanya 19 persen dari seluruh angkatan kerja di Indonesia yang mempunyai keahlian di bidang digital. Padahal, dibutuhkan 110 juta talenta digital baru untuk mendukung ekonomi pada 2025.

“Sekarang ke masalah gap kebutuhan talenta digital di Indonesia yang memang masih besar. Jika hanya mengandalkan lembaga formal yang sudah eksis nampaknya akan masih sangat kurang dan strategi untuk mendidik pendidik merupakan strategi yang baik dilakukan,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menjelaskan akan ada akselerasi di sisi pembelajaran talenta di bidang digital. Menurutnya, jumlah guru sangat besar jumlahnya dan baru sedikit yang sudah dibekali keterampilan digital.

Berdasarkan data statistik dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) total guru di Indonesia untuk tahun ajaran 2019/2020 mencapai 2.698.103 orang, sedangkan jumlah siswa mencapai 45.534.371 orang.

“Ceruk pasar ini bagus bagi edutech. Saya rasa edutech Indonesia yang sudah eksis bisa dengan mudah masuk ke pasar ini. Rata-rata guru yang sudah bertalenta digital pasti di Pulau Jawa. Guru di luar pulau Jawa belum terjangkau layanan digital dengan baik. Saya rasa tantangan bagi edutech untuk bisa mengejar pangsa pasar guru di luar pulau Jawa,” katanya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp
Editor : Rio Sandy Pradana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top