Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

XL Axiata Perkuat Jaringan, Dorong Pertumbuhan ARPU Pascabayar

XL Axiata berupaya meningkatkan kualitas jaringan untuk meningkatkan ARPU dari pelanggan pascabayar.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 23 Februari 2021  |  20:49 WIB
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P
Karyawan beraktivitas di kantor XL Axiata. Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk. (EXCL) akan berfokus meningkatkan kualitas jaringan untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh pelanggan.

XL meyakini layanan yang baik berdampak pada kepuasan pelanggan yang secara tidak langsung akan turut mendorong pertumbuhan rerata pendapatan per pelanggan (ARPU) pascabayar.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan untuk mendorong pertumbuhan ARPU pelanggan - termasuk pelanggan pascabayar- perseroan akan terus berupaya memberikan pengalaman yang lebih baik kepada pelanggan.

Upaya-upaya tersebut, kata Ayu, diwujudkan melalui peningkatan kualitas jaringan dari ujung ke ujung (end-to-end), terus memperluas dan meningkatkan kapasitas jaringan layanan data khususnya di luar Pulau Jawa.

XL juga menargetkan fiberisasi dengan menyasar 9.000 titik baru pada tahun ini untuk memberikan pengalaman yang lebih baik sekaligus mempersiapkan infrastruktur telekomunikasi menuju 5G.

“Untuk mendorong pertumbuhan ARPU pelanggan termasuk pelanggan pascabayar, kami akan terus berupaya memberikan pengalaman yang lebih baik (better user experience) kepada pelanggan, memberikan kenyamanan dalam menikmati layanan data yang disediakan,” kata Ayu kepada Bisnis.com, Selasa (23/2/2021).

Sepanjang 2020, ARPU pascabayar XL cenderung menurun. Pada kuartal I/2020 ke kuartal II/2020 ARPU pascabayar XL tercatat tercatat turun dari Rp114.000 ke Rp111.000.

ARPU XL kembali turun pada kuartal III dan tumbuh stagnan pada kuartal IV/2020 yaitu senilai Rp110.000 . Dari sisi pelanggan, jumlah pelanggan pascabayar XL juga stagnan diangka 1,1 juta sepanjang 2020.

Ayu menjelaskan penurunan ARPU pascabayar pada awal kuartal II/2020 disebabkan kompetisi yang makin ketat dan juga menurunnya daya beli masyarakat/pelanggan sejak awal masa pandemi.

“Namun sebenarnya secara keseluruhan ARPU pelanggan pascabayar XL relatif stabil dan jumlah pelanggan pascabayar juga terus meningkat karena berbagai upaya yang berhasil dilakukan sejak Q2/2020 hingga Q4/2020,” kata Ayu.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

xl axiata telekomunikasi
Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top