Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Butuh 7 Bulan untuk Perseverance NASA Tembus Atmosfer Planet Mars

Pendaratan wahana yang merupakan laboratorium astrobiologi tercanggih yang pernah dikirim ke dunia lain itu, merupakan perhentian pertama untuk mencari jejak kehidupan mikroba purba di Planet Merah tersebut.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 19 Februari 2021  |  11:45 WIB
Terra Meridiani  di Planet Mars terlihat dalam gambar NASA - Reuters
Terra Meridiani di Planet Mars terlihat dalam gambar NASA - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Perseverance, sang penjelajah ilmu pengetahuan milik NASA, sukses menerobos atmosfer Mars dan mendarat dengan selamat di dasar kawah yang luas kemarin.

Pendaratan wahana yang merupakan laboratorium astrobiologi tercanggih yang pernah dikirim ke dunia lain itu, merupakan perhentian pertama untuk mencari jejak kehidupan mikroba purba di Planet Merah tersebut.

Manajer misi di Jet Propulsion Laboratory NASA dekat Los Angeles bertepuk tangan dan bersorak ketika sinyal radio memastikan bahwa penjelajah dengan enam roda telah selamat menuruni  wilayah berbahaya dan tiba dalam zona targetnya di dalam kawah Jezero, situs dasar danau Mars yang telah lama menghilang.

Kendaraan robotik itu melintasi ruang angkasa selama hampir tujuh bulan, menempuh jarak 293m mil (472m km) sebelum menembus atmosfer Mars dengan kecepatan 12.000 mph (19.000 km/jam) untuk memulai pendekatannya untuk mendarat di permukaan planet seperti dikutip CNN.com, Jumat (19/2/2021).

Proses mandiri pesawat ruang angkasa melalui serangkaian manuver  yang rumit oleh NASA itu disebut sebagai "teror tujuh menit".

Prestasi paling rumit dan menantang itu merupakan yang pertama dalam sejarah robot penerbangan luar angkasa.

“Touchdown dikonfirmasi! Kondisi aman di permukaan Mars, siap untuk mulai mencari tanda-tanda kehidupan masa lalu,” ujar pengawas penerbangan Swati Mohan mengumumkan di kontrol misi sambil menepuk punggung rekan-rekan yang mengenakan topeng melawan Virus Corona.

Sorak-sorai dan tepuk tangan kedua meledak di ruang kontrol saat gambar permukaan tiba beberapa menit setelah pendaratan.

Sebagian tertutup penutup debu, gambar pertama adalah pemandangan dari salah satu kamera  Perseverance. Gambar itu menunjukkan permukaan datar dan berbatu dari kawah Jezero.

Sedangkan gambar kedua yang diambil oleh kamera di pesawat ruang angkasa menunjukkan pemandangan dari belakang penjelajah Kawah Jezero. Penjelajah tampaknya telah mendarat sekitar 35 meter dari bebatuan terdekat.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nasa planet mars
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top