Jaringan Sempat Terputus, Palapa Ring Barat Lakukan Pemulihan

Akbar Evandio
Rabu, 10 Februari 2021 | 15:20 WIB
Peta sistem komunikasi kabel laut Palapa Ring paket barat./Kementerian Komunikasi dan Informatika
Peta sistem komunikasi kabel laut Palapa Ring paket barat./Kementerian Komunikasi dan Informatika
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Usai terputusnya akses telekomunikasi, Palapa Ring Barat telah melakukan pemulihan jaringan di wilayah Natuna dan Anambas guna dapat memberi akses internet bagi masyarakat sekitar dengan segera.

Sekadar catatan, terputusnya jaringan di jalur fiber Optik Batam–Anambas dan Natuna–Singkawang diakibatkan kerusakan kabel fiber optik (FO) sehingga akses telekomunikasi pada kedua wilayah tersebut sempat mengalami gangguan pada 2–3 Februari 2021.

Direktur PT Palapa Ring Barat Syarif Lumintarjo mengatakan saat ini layanan telekomunikasi telah kembali dapat digunakan dengan memanfaatkan akses jaringan Singkawang–Natuna–Anambas.

Dia menjelaskan terputusnya jaringan membuat akses telekomunikasi di Anambas untuk pertama kalinya mengalami gangguan. Hal tersebut terjadi akibat proyek galian yang dilakukan oleh pihak ketiga mengganggu kabel FO milik Palapa Ring Barat.

“Ini bukan merupakan pertama kali jaringan Palapa Ring Barat terputus sejak proyek ini diresmikan, tetapi peristiwa kali ini adalah yang pertama kali menyebabkan gangguan akses telekomunikasi di Kab. Kep Anambas dan Kab. Natuna,” ujarnya dalam siaran pers, Rabu (10/2/2021).

Lebih lanjut, dia menyebutkan Palapa Ring Barat telah berkoordinasi dengan berbagai pihak agar proses pemulihan dilaksanakan dengan secepatnya. Saat ini masyarakat telah berangsur-angsur mendapatkan akses komunikasi melalui akses dari jaringan lain yang menjadi solusi sementara.

“Kabel optik yang terputus sedang dalam pengerjaan pemulihan secara intensif. Kami juga ingin mengimbau kepada berbagai pihak yang ikut menggunakan infrastruktur Palapa Ring Barat untuk berhati-hati dalam beraktivitas di sekitar area infrastruktur karena kesalahan sedikit saja bisa berdampak besar bagi masyarakat,” katanya.

Merujuk gangguan akses telekomunikasi yang terjadi di Anambas, Japrizal selaku Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan bersama Palapa Ring Barat, mereka tengah memantau pemulihan akses Komunikasi yang sedang berjalan.

“Sekarang kita bisa melakukan tindakan-tindakan preventif guna menghindarkan ini semua terjadi lagi di masa depan,” ujarnya.

Adapun, proyek Palapa Ring Barat telah berlangsung sejak 2017 dan menghasilkan jaringan 4G untuk wilayah paket Barat ini telah menerapkan jaringan sesuai dengan praktik industri yang baik, yaitu telah memiliki jaringan dua arah serta memiliki main back up pada jaringan. Namun, jaringan FO Palapa Ring Barat tidak didesain untuk menghadapi double-FO-cut sehingga gangguan pada wilayah Anambas dan Natuna dapat terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper