Fakta-fakta Asteroid Raksasa yang Dekati Bumi Bulan Depan, Terbesar Tahun Ini

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 9 Februari 2021 | 12:59 WIB
Asteroid menuju bumi
Asteroid menuju bumi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Nasa sudah menyatakan bahwa tahun ini akan ada asteroid terbesar yang melintasi bumi sepanjang 2021.

Ukuran dari asteroid raksasa itu lebih dari 1 kilometer atau sekitar 3 kali lipat dari besarnya menara Eiffel di Paris. Nasa sendiri memperkirakan asteroid ini masuk dalam kategori berpotensi berbahaya dilihat dari ukuran dan kecepatannya.

Menurut NASA, batu antariksa yang diberi nama 231937 (2001 FO32) itu akan berayun di dekat planet kita pada 21 Maret.

Sedangkan kecepatannya cukup mengejutkan, yakni  34,4 kilometer per detik, atau lebih dari 123.000 kilometer per jam. Namun, NASA mengatakan asteroid itu akan melewati Bumi pada jarak 5,3 bulan yang aman (LDs).

Satu LD adalah 384.317 kilometer - jarak antara Bumi dan Bulan - jadi 2001 FO32 akan terbang lebih dari dua juta kilometer dari planet kita.

Istilah 'berpotensi berbahaya' tidak berarti bahwa asteroid menjadi ancaman langsung bagi Bumi. Sebaliknya, ini mengacu pada sentimen bahwa di suatu tempat di masa depan tata surya, sebuah asteroid dapat bertabrakan dengan Bumi.

Ada beberapa faktor tidak diketahui yang dapat mempengaruhi jalur asteroid di masa depan, termasuk tarikan gravitasi benda langit lain di tata surya.

NASA mengatakan: "Potentially Hazardous Asteroids (PHA) saat ini didefinisikan berdasarkan parameter yang mengukur potensi asteroid untuk melakukan pendekatan dekat yang mengancam ke Bumi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper