12 Objek Paling Terang di Tata Surya

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 28 Januari 2021 | 16:58 WIB
Citra Saturnus /Reuters
Citra Saturnus /Reuters
Bagikan

4Saturnus dan Ganymede

7. Saturnus. 

Planet bercincin Saturnus menakjubkan dalam teleskop, dan juga mudah ditangkap tanpa bantuan optik.  Dengan mata saja, Anda tidak akan melihat cincinnya, tetapi Anda akan melihat warna emas Saturnus dan cahaya yang stabil.  Pada magnitudo +0,7, Saturnus mengungguli sebagian besar bintang dan setara dengan sebagian besar bintang paling terang. 

Plus - karena mengorbit matahari kita di luar orbit Bumi - ia terlihat lebih sering daripada Merkurius oleh pengamat biasa.  Saturnus sering berada di sekitar malam hari, ketika kecerahannya kontras dengan kedalaman langit malam yang gelap.

8. Ganymede.

Jika Anda seorang pengamat langit, Anda mungkin pernah melihat semua objek yang disebutkan sejauh ini tanpa bantuan optik, disadari atau tidak.  Tapi pernahkah Anda melihat bulan terbesar Jupiter, Ganymede?  Teropong memungkinkan Anda melihat Ganymede mengitari Jupiter saat satelit berada pada titik paling terang, sekitar 4,6 magnitudo. 

Ganymede membutuhkan waktu sekitar tujuh hari Bumi untuk menyelesaikan orbit di sekitar Jupiter, dan bulan-bulan Galilea lainnya membutuhkan waktu yang berbeda-beda (Io hampir dua hari, Europa sekitar empat hari, Callisto 17 hari).  Jadi pada malam tertentu, Anda akan menemukan bulan di lokasi yang selalu berubah sehubungan dengan Jupiter. 

Mereka tampak seperti "bintang" kecil yang dirangkai dalam garis yang membelah Jupiter.  Karenanya, Anda sebaiknya menggunakan perangkat lunak, misalnya laman Jupiter bulan interaktif SkyandTelescope.com, untuk memberi tahu Anda titik yang mengelilingi Jupiter adalah Ganymede, dari lokasi, tanggal, dan waktu yang Anda cari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper